Kampanye BBI Day: Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak 6x – KetikKetik

[ad_1]

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

Ketikketik – Kampanye Hari Bangga Indonesia (BBI) yang ditetapkan pemerintah pada 5-13 Mei 2021 ternyata mendapat antusias yang sangat tinggi dari masyarakat. Kampanye ini didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia.


Tokopedia yang menampung lebih dari 11 juta penjual yang hampir 100% merupakan UMKM lokal mencatatkan peningkatan penjualan di sejumlah kategori produk lokal selama kampanye BBI,” kata Pimpinan Senior Komunikasi Eksternal, Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.


Ilustrasi Tokopedia.  (Tokopedia)
Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)


  1. Makanan dan Minuman – Kategori Makanan dan Minuman masih menjadi kategori favorit masyarakat, terlihat dari peningkatan transaksi lebih dari 2x selama masa kampanye, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. “Kami mencatat paket dan parsel makanan, snack dan minuman sebagai produk favorit masyarakat di kategori ini selama kampanye hari BBI kali ini,” Ekhel menjelaskan. Jagapati, toko produk makanan sehat yang diproduksi oleh petani dan UMKM lokal, juga mencatatkan peningkatan transaksi hampir dua kali lipat selama kampanye.
  2. Ibu dan Bayi – Transaksi dalam kategori Ibu dan Bayi juga meningkat lebih dari 2x. Pada kategori ini, makanan bayi dan susu, produk perawatan bayi serta makanan dan susu ibu hamil menjadi produk yang paling banyak disasar selama kampanye.
  3. Kesehatan – “Produk kesehatan tentunya masih menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat, terutama pada saat terjadi pandemi. Kami mencatatkan peningkatan kategori Kesehatan hampir 3x lipat saat BBI Day 2021 berlangsung,” Ekhel menambahkan. Pada Kategori Kesehatan, hygiene kit, masker dan obat-obatan menjadi 3 produk yang paling dicari selama kampanye.
  4. Fashion – Ekhel menjelaskan, “Meski masih banyak orang yang harus pindah dari rumah, kategori Fashion tetap laris, terlihat dari transaksinya yang melejit hingga lebih dari 6x selama kampanye, jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum kampanye.” Dakara Indonesia, pegiat bisnis lokal yang menjual berbagai produk fashion dengan motif etnik Indonesia, juga mengalami peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat berkat keikutsertaannya dalam kampanye BBI Day 2021.
  5. Elektronik Lokal – Antusiasme masyarakat terhadap produk elektronik buatan lokal pun semakin meningkat berkat kampanye BBI Day 2021. “Terjadi peningkatan lebih dari 6x lipat pada kategori Elektronik Lokal selama kampanye berlangsung,” kata Ekhel. Produk elektronik seperti audio, lighting dan elektronika kantor merupakan 3 produk terpopuler pada kategori ini.
See also  Smartfren Adakan Uji Coba 5G Tahap 2, Berapa Kecepatannya? - KetikKetik

Tokopedia berharap akan ada lebih banyak lagi kerjasama seperti BBI Day 2021 yang dapat memberikan panggung yang lebih luas bagi UMKM lokal dalam memperkenalkan produknya ke lebih banyak masyarakat Indonesia sekaligus mendorong rasa #BanggaBuatanIndonesia,” tutup Ekhel.





[ad_2] Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *