Soal Konflik Buruh dan Manajemen Indomaret, Ini Pesan Kemenaker

[ad_1]

Jakarta

Baru-baru ini, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan boikot terhadap perusahaan PT Indomarco Prismatama (Grup Indomaret), Kamis (27/5). Tindakan ini terjadi karena perusahaan telah melaporkan secara pidana kepada karyawannya, Anwar Bessy, mengenai kerusakan dinding gypsum akibat tuntutan THR 2020.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja Chairul Fadhly Harahap kembali mendorong serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) dan manajemen Indomarco Prismatama untuk menyelesaikan permasalahan dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

Kementerian Tenaga Kerja terus mendorong kedua belah pihak untuk menyelesaikan perselisihan perburuhan dengan hati tenang dan pikiran terbuka, untuk mencari solusi terbaik yang menguntungkan kedua belah pihak, kata Chairul dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

See also  Jokowi Disebut Telah Surati DPR Soal Rencana Kenaikan Tarif PPN

Menurut Chairul, permasalahan yang menimpa Anwar Bessy dengan PT Indomarco Prismatama dapat diselesaikan melalui dialog. Chairul juga menghimbau agar kedua pihak saling berkomunikasi untuk mencari solusi terbaik.

“Untuk menjaga hubungan industrial yang harmonis dan kondusif, mengedepankan dialog untuk mencari win-win solution terbaik,” jelasnya.

Lebih lanjut Chairul menjelaskan, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan kondisi ekonomi sulit. Oleh karena itu, kondisi ini seharusnya menjadi momen bagi semua pihak untuk bersatu, saling memahami dan saling mendukung dalam menghadapi pandemi.

Ia juga meminta agar kedua pihak terus memupuk dialog hubungan industrial dan mempererat kebersamaan, serta memiliki niat baik untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan.

“Sekali lagi Kementerian Tenaga Kerja terus mendorong perselisihan di Indomarco untuk dicarikan solusi bersama melalui dialog bipartit antara kedua belah pihak,” pungkas Chairul.

See also  Baru Tiba di Jakarta, Istri Wagub Papua Menangis Histeris Melihat Jenazah Suaminya

Sebagai informasi, sebelumnya, pada Jumat (28/5), Kementerian Tenaga Kerja melalui Ditjen PHI dan Jamsostek telah beberapa kali memfasilitasi manajemen Indomarco dengan SP/SB untuk bertemu dan bersama-sama mencari solusi. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

(acn/hns)

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *