21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Aplikasi My Heart, GenZ Bisa Menjaga Kesehatan Jantung


Perkembangan teknologi mengubah cara dan gaya hidup manusia, bahkan mengubah cara manusia melakukan aktivitasnya. Sejak revolusi industri yang terjadi di Inggris, manusia mulai banyak mengembangkan mesin yang dimaksudkan untuk mempermudah setiap pekerjaan manusia. Hingga saat ini komputerisasi menjadi cahaya baru revolusi industri yang telah mengubah kehidupan banyak orang, salah satunya dalam menjalankan pekerjaan.

Sektor ekonomi, perdagangan, dan industri kreatif sudah mulai menggunakan komputer di berbagai lini sebagai alat penunjang manusia. Apalagi sejak pandemi Covid-19 yang dimulai pada tahun 2020, banyak kegiatan yang dibatasi sehingga harus dilakukan dari jarak jauh atau online.

Komputer dan internet berperan besar dalam membantu dan mendukung manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Perubahan pola aktivitas ini juga mengubah pola konsumsi yang dibutuhkan manusia agar tetap seimbang dengan kebutuhannya, seperti dalam dunia kerja.

Selain tren konsumsi kopi yang semakin meningkat di Indonesia, perubahan pola kerja dari WFO menjadi WFH membuat masyarakat membutuhkan kopi untuk dapat menyeimbangkan tugas pekerjaannya. Virus Covid-19 memang menjadi peringatan penting terkait kesehatan, namun tingginya konsumsi kopi juga menjadi poin penting lainnya bahwa kesehatan merupakan garis yang harus mendapat perhatian tersendiri.

Tingginya konsumsi kopi akan sangat mempengaruhi kerja organ tubuh yaitu jantung. Semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin tinggi pula risiko penyakit jantung yang dapat diterima oleh orang yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi kesehatan yang membantu masyarakat memantau aktivitas jantungnya.

Aplikasi My Heart adalah aplikasi kesehatan yang dibuat oleh seorang ahli jantung dr. Agus Thosin, Sp.JP. yang berfokus pada rekam medis digital berbasis blockchain untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan upaya preventif dan antisipatif terkait kesehatan jantung.

Pada umumnya rekam medis seseorang jarang dihafal oleh pasien sendiri, dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan setiap orang untuk mengetahui kondisi terkini kesehatannya khususnya kesehatan jantung. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memberikan pengingat dalam mengontrol kesehatan dan minum obat rutin yang diperlukan. Dengan demikian, pengguna aplikasi akan lebih memperhatikan kesehatannya.

Generasi Z (Gen Z) sebagai konsumen tertinggi minuman berjenis kopi dianggap telah memiliki aplikasi My Heart. Selain mengontrol kesehatannya sendiri, ia juga dapat membantu teman-temannya dalam menghitung tingkat kesehatan.

Dengan adanya inovasi berupa aplikasi yang dapat diunduh di smartphone Play Store akan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mencetak rekam medis umum. Selain itu, aplikasi My Heart juga tidak terbatas pada orang-orang tertentu untuk menggunakannya, tetapi dapat digunakan oleh siapa saja, cukup unduh dan gunakan sesuai dengan pedoman yang ada.

Perlu diketahui bahwa Aplikasi My Heart merupakan salah satu aplikasi yang mendapatkan Silver Award dari Kementerian Kesehatan RI pada ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards V – 2021 untuk kategori Teknologi Informasi Kesehatan.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles