21.4 C
Indonesia
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Dorong Digitalisasi UMKM di Papua Melalui Aplikasi AYO SRC


Memuat…

Sekarang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), melalui komunitas toko kelontong tradisional Sampoerna Retail Community (SRC), juga memperkenalkan aplikasi di Indonesia Timur, salah satunya Pulau Papua. Foto/Dokumen

JAYAPURA – Setelah berhasil memberikan dukungan digitalisasi untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di beberapa kota di Indonesia dalam bentuk aplikasi AYO SRC. Sekarang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), melalui komunitas toko kelontong tradisional Sampoerna Retail Community (SRC), juga memperkenalkan aplikasi di Indonesia Timur salah satunya Pulau Papua .

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Sampoerna untuk mendukung prioritas pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui digitalisasi bagi UMKM. Sehubungan dengan itu, pada (19/5), Kementerian Perdagangan (Kemendah) bekerjasama dengan Tim Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Kitong Bisa Foundation, dan Sampoerna menyelenggarakan Pelatihan UMKM bagi Pengusaha Muda Lokal di Jayapura.

Baca Juga: SRC-LinkAja Perkuat Ekosistem Digital Toko Kelontong Saat Ini

Melalui pelatihan dan dukungan digitalisasi dari Sampoerna, para pemilik toko kelontong di Papua diharapkan dapat mengembangkan usahanya, baik dari sisi produk maupun akses pasar dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi di bidang pelayanan, stok barang, dan lain-lain.

Head of Zone Indonesia Timur Sampoerna, Subur mengatakan, sejak dibentuk pada 2008, SRC kini telah berkembang sangat pesat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Toko kelontong anggota SRC tersebar dari Sabang sampai Merauke, dan dari barat hingga timur jauh.

Dorong Digitalisasi UMKM di Papua Melalui Aplikasi AYO SRC

Setelah bergabung dengan jaringan SRC, toko kelontong mencatatkan peningkatan transaksi penjualan hingga 58% dan peningkatan omset hingga 54%. Bahkan, sebanyak 84% pemilik toko SRC mendapatkan sumber penghasilan utama dari SRC. Hal ini berdasarkan riset Kompas.com menggunakan angka berdasarkan harga berlaku di tahun 2019.

“Melalui kerjasama Sampoerna dengan Kementerian Perdagangan dan Kitong Bisa Foundation, hari ini kami resmi memperkenalkan aplikasi AYO SRC di Tanah Papua. Kami percaya ekosistem AYO SRC sebagai pengembangan ekonomi digital merupakan salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Papua,” kata Subur.

Saat ini terdapat 400 toko kelontong di Papua yang tergabung dalam jaringan SRC, sebagian besar berada di Jayapura dan Sorong. Subur berharap, bersama SRC, toko kelontong tradisional mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, terutama di era transformasi digital.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,376FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles