21.4 C
Indonesia
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Apa itu Aplikasi Simpeg Online? Tujuan, fungsi, dan kelebihannya


JAKARTA – Selain software akuntansi dan inventory yang digunakan untuk mengelola keuangan dan stock perusahaan, kini juga tersedia software yang dapat membantu semua tugas HR (Departemen Sumber Daya Manusia). Pengelolaan Sumber Daya Manusia secara manual yang cukup menguras tenaga dan waktu membuat software HR banyak diminati oleh banyak perusahaan untuk mengotomatisasi pengelolaan HR mereka.

Bahkan, kini Anda akan dengan mudah menemukan banyak vendor di Indonesia yang menawarkan paket software HR lengkap dengan berbagai fitur, salah satunya adalah aplikasi Talenta by Mekari.

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk menggunakan software atau aplikasi simpeg online, mungkin informasi tentang aplikasi simpeg online, tujuan, fungsi, dan kelebihan software Talenta by Mekari pada artikel ini cocok untuk Anda.

Apa itu aplikasi online sederhana?

HRIS (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia) atau HRMS atau juga dikenal dengan aplikasi simpeg online adalah software yang berfungsi untuk mengelola berbagai aktivitas yang berhubungan dengan HR (Human Resource) atau SDM. Keperluan mengurus absensi, gaji, pajak, proses rekrutmen dan onboarding pegawai baru, absensi, cuti pegawai, dan monitoring kinerja pegawai semuanya bisa dibantu dengan aplikasi simpeg online.

Melalui aplikasi simpeg online, seluruh data pegawai di perusahaan akan disimpan dan terintegrasi dalam satu sistem database. Hal ini memudahkan manajer HRD untuk melacak berbagai informasi tentang karyawan serta mengelola siapa yang dapat mengakses sistem dan informasi karyawan.

Mirip dengan sistem perangkat lunak ERP lainnya, aplikasi simeg online juga tersedia secara fleksibel pada tiga basis, yaitu: di tempat, situs web (cloud), dan aplikasi Desktop atau seluler.

Apa Tujuan dari Aplikasi Simpeg Online?

Mungkin masih ada sebagian orang termasuk anda yang beranggapan bahwa kecanggihan teknologi aplikasi simpeg online dari microsoft dapat menggantikan semua staff HR di perusahaan anda. Padahal salah, karena tujuan dari aplikasi simpeg online seharusnya hanya untuk membantu meringankan dan memaksimalkan pekerjaan staf SDM itu sendiri, baik manual maupun operasional.

Dengan begitu, staf HR di perusahaan Anda dapat lebih menghemat tenaga dan waktu, sehingga produktivitas akan meningkat. Aplikasi HR membantu seluruh staff HR dalam mengolah informasi karyawan di perusahaan Anda seperti data payroll dan absensi dengan lebih cepat, cermat, dan akurat. Jadi, peran staf SDM di perusahaan tetap penting dan tak tergantikan.

Fungsi Aplikasi Simpeg Online Untuk Perusahaan

Selain berkontribusi pada produktivitas pengelolaan SDM, aplikasi simpeg online juga memiliki berbagai fungsi yang akan sangat berguna untuk membantu perkembangan dan kemajuan perusahaan Anda.

Sebagai catatan, fungsi-fungsi ini tergantung pada jenis sistem yang Anda gunakan, apakah sistem itu berbasis di tempat, yang dapat dikelola sepenuhnya oleh Anda sendiri, atau sistem awan dengan basis web browser, dimana anda akan dibantu oleh vendor untuk mengelola data perusahaan namun anda dapat mengaksesnya dengan mudah hanya melalui browser.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi aplikasi simpeg online secara umum, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Manajemen penggajian

Staf HR perusahaan Anda tidak perlu lagi repot menghitung gaji setiap karyawan secara manual, belum lagi perhitungan gaji yang harus diperhatikan. Berbagai faktor biasanya menjadi pertimbangan seperti pemotongan BPJS, pemotongan gaji karena cuti, bonus, dan lain sebagainya. Masalah manajemen penggajian yang terjadi setiap bulannya dapat ditangani oleh staf HRD dengan mudah dan otomatis menggunakan aplikasi simpeg online.

  1. Proses Rekrutmen

Fitur otomatisasi pada aplikasi simpeg online juga akan membantu staf HR perusahaan Anda dalam proses rekrutmen karyawan baru. Semua proses, mulai dari pemasangan iklan lowongan, pengisian formulir lamaran, seleksi karyawan, wawancara, psikotes, hingga seleksi akhir, semua bisa langsung diupdate di sistem.

  1. Keamanan Data Karyawan

Hal terpenting dalam sebuah perusahaan adalah melindungi data sensitif perusahaan, termasuk data pribadi karyawan. Sistem aplikasi simpeg online memungkinkan manajer HRD untuk mengontrol siapa yang dapat mengakses informasi terkait karyawan tertentu pada sistem. Dengan begitu, semua data penting karyawan dapat selalu terkontrol dan terlindungi dengan aman, terhindar dari risiko kebocoran data, dan meminimalisir kerusakan data akibat penyimpanan manual.

  1. Memantau Kinerja Karyawan

Fungsi selanjutnya adalah untuk memudahkan staf HR dalam memantau kinerja dan kinerja karyawan perusahaan, baik di kantor, WFH (Bekerja dari rumah), dan karyawan hibrida. Mulai dari real time absensi, tingkat produktivitas karyawan, hingga pengukuran pencapaian apa yang mereka lakukan untuk perusahaan, semuanya dapat terpantau dengan baik melalui sistem aplikasi simpeg online.

  1. Hemat Biaya Operasional

Terakhir, biaya operasional HRD tentunya bisa jauh lebih hemat, karena penggunaan kertas bisa ditekan dan sebagian kebutuhan HR HR juga bisa dialihkan ke sistem software HR secara otomatis.

  1. Fungsi Pencatatan

HRIS dapat berfungsi sebagai sistem pencatatan yang mampu melacak setiap perubahan terkait data karyawan.

  1. Memenuhi Kelengkapan Data Karyawan

Sebagian besar perusahaan akan mengumpulkan dan menyimpan data lengkap tentang karyawan mereka. Itu disiapkan untuk beberapa alasan seperti untuk menyimpan informasi kontak pertama jika terjadi kecelakaan, informasi pajak, dan lain-lain. Semua informasi ini akan disimpan dengan aman melalui aplikasi simpeg online. Karena itulah HRIS sering diandalkan sebagai sumber data kepegawaian yang cerdas.

  1. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Proses Administrasi SDM

Mengelola secara digital dapat meningkatkan produktivitas tim SDM perusahaan Anda. Karena sistem menyimpan berbagai data di satu tempat, tim HR akan lebih mudah untuk memperbarui, melacak, dan mengelola data karyawan.

  1. Analisis Proses untuk Evaluasi Kinerja Karyawan

Aplikasi simpeg online memungkinkan Anda untuk menganalisis dan meninjau bagaimana kinerja karyawan. Sebagian besar aplikasi simpeg online saat ini memiliki fitur e-attendance untuk mencatat jam kehadiran karyawan sehingga dapat digunakan untuk melihat tingkat kedisiplinan karyawan. Selain itu, aplikasi simpeg online juga menyediakan berbagai data yang berguna untuk penilaian kinerja.

  1. Swalayan untuk Karyawan

Aplikasi online sederhana menawarkan kemampuan swalayan untuk karyawannya. Artinya, karyawan dapat menangani berbagai hal secara mandiri terkait data mereka di perusahaan. Contohnya antara lain kemampuan untuk memperbarui informasi pribadi, melihat sisa kuota cuti, mengajukan cuti, melacak PTO, dan lain-lain.

Perusahaan yang mampu memanfaatkan aplikasi simeg online dengan baik akan mendapatkan berbagai keuntungan. Software ini sengaja dirancang dengan berbagai fitur untuk mempermudah pengelolaan sumber daya manusia sehingga proses pengelolaan pegawai akan lebih efektif dan efisien. Jika perusahaan Anda semakin berkembang dan memiliki lebih banyak karyawan, maka sudah saatnya Anda beralih dari sistem manual ke sistem digital.

Keuntungan dari Perangkat Lunak SDM

Anda tidak perlu bingung mengimplementasikan HR Software untuk perusahaan Anda, karena aplikasi Talenta by Mekari dengan sistem yang terintegrasi, tingkat keamanan yang tinggi, dan fitur yang lengkap mampu memberikan solusi nyata untuk semua kebutuhan SDM di perusahaan. Perangkat lunak Talenta by Mekari mudah digunakan, bahkan untuk orang yang tidak paham teknologi.

Sederhanakan dan otomatisasi semua proses manajemen karyawan seperti absensi, cuti, penggajian, umpan balik kinerja, dan lainnya ke dalam sistem berbasis data. Kurangi biaya operasional SDM dan bantu staf SDM Anda membuat keputusan yang lebih baik dengan menggunakan analitik tertanam di Aplikasi Talenta by Mekari.

  1. Efisiensi waktu

Aplikasi simpeg online membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang waktu untuk menyelesaikan semuanya. Mengingat efisiensi waktu bagi perusahaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, maka dari itu usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline.

Ini berlaku untuk semua karyawan perusahaan, termasuk departemen SDM. Gunakan aplikasi atau software yang kurang lebih efektif dan efisien dalam membantu Anda menyelesaikan banyak pekerjaan yang menumpuk.

2. Minimalkan Kesalahan manusia

Manusia tidak luput dari kesalahan. Perkataan itu benar. Seringkali manusia mengalami human error yang membuat semua pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik bahkan berantakan. Selain merugikan diri sendiri, tentunya juga merugikan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi simpeg online, hasil data akan jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan perhitungan manual, sehingga tidak perlu khawatir terjadi kesalahan.

Namun tetap harus diperhatikan dan diperiksa ulang, apakah data yang dimasukkan sudah benar atau belum. Karena itu mungkin, kesalahan manusia masih terjadi ketika Anda kehilangan fokus di tempat kerja.

3. Akses Informasi Lebih Mudah

Aplikasi simpeg online membuka akses bagi karyawan untuk terlibat dalam pencatatan informasi pribadi karyawan. Baik itu terkait absensi, penggunaan cuti, dan lain sebagainya. Tergantung dari HRD yang bersangkutan, apakah data terkait juga bisa diakses oleh pegawai atau tidak.

Dengan kata lain, aplikasi memudahkan HRD dan karyawan untuk mengakses informasi tanpa harus bingung mencari file dimana. Hal ini juga dapat membantu perusahaan mempertahankan dan meningkatkan loyalitas karyawan.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi HR Software, serta kelebihan yang ditawarkan oleh Aplikasi Talenta by Mekari. Temukan berbagai fitur dan pilih paket software HR yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Bakat Pro oleh Mekari:

  1. Fitur yang Disuguhkan Sangat Melimpah

Salah satu keunggulan Talenta By Mekari adalah fitur yang dibawanya banyak dan melimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman pengerahan, Talenta By Mekari menyediakan halaman cuti khusus, untuk pengumuman karyawan, berikut detail fiturnya:

  • Fitur Payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan dapat membayar gaji karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses penggajian lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Dengan fitur manajemen waktu, tim SDM perusahaan dapat dengan mudah mengotomatisasi proses cuti dan lembur karyawan.
  • Dengan fitur absensi mobile, semua karyawan dapat melakukan absensi dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR untuk memantau kehadiran karyawan setiap saat.
  • Fitur database karyawan dapat membantu HR dalam mengelola data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data pribadi, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kustomisasi Sangat Detail

Semua hal yang diatur dalam Talents diatur dengan sangat detail, di sini Anda bahkan dapat membuat formula cuti dan formula halus Anda sendiri.

  1. Tim Dukungan yang Efektif dan Responsif

Tidak perlu berkutat dengan BOT saat memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan sigap membantu dalam hitungan menit.

Dalam aplikasi Talenta sering diadakan promo dan diskon yang mengakibatkan harga bisa lebih murah dari harga normal. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai software simpeg online.

Dengan fitur-fitur tersebut, tentunya pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan optimal. Anda dapat melihat situs resminya di https://www.talenta.co/ dan memilih produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. (*/jay)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,376FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles