Ponsel 5G dengan n40 band belum tentu tersedia untuk 5G Indonesia, apa alasannya? – KetikKetik

[ad_1]

vivo Y52s 5G

Ketikketik – Di OPPO 5G Academy Vol. 4, OPPO bersama Qualcomm memberikan edukasi tentang sejauh mana ponsel 5G yang beredar di Indonesia dapat terhubung ke jaringan 5G.

Dominikus Susanto selaku Senior Manager of Business Development Qualcomm Indonesia mengatakan bahwa jaringan 5G di Indonesia belum tentu bisa digunakan pada ponsel 5G yang hanya kompatibel dengan band n40.

Susanto mengatakan, ponsel 5G yang mendukung n40 band harus mengandalkan jaringan 4G sebagai pintu masuk jaringan 5G yang ada di Indonesia. Menurutnya, ponsel 5G saat ini masih menggunakan prosesor dengan dukungan Non Stand Alone yang artinya tidak bisa berdiri sendiri.

“Tidak mudah untuk terhubung dengan jaringan 5G yang ada di Indonesia saat ini. Ponsel 5G membutuhkan jaringan 4G yang digabungkan yang sudah ada di masa transisi ini,” katanya kepada tim Ketikketik.

See also  Mengapa cuaca hari ini panas? Simak beberapa alasannya - KetikKetik

Lebih lanjut ia menjelaskan jika pengguna memiliki ponsel dengan 5G support NSA band n40, maka ia membutuhkan bantuan n1 4G band yang juga tertanam di perangkat agar ponsel tidak hanya menyediakan band 5G tetapi juga band 4G. .

Disebutkannya, 4G diperlukan sebagai panduan untuk terhubung ke jaringan 5G di Indonesia. Apalagi dalam implementasinya, Susanto mengatakan bahwa jaringan 5G di Indonesia tidak sesederhana yang diharapkan, apalagi terkait dengan operator seluler yang sudah ada.

Susanto bahkan mengatakan, ponsel 5G yang menggunakan satu operator seluler akan menghasilkan kinerja kecepatan dan jangkauan yang berbeda.

OPPO-5G-Academy-Vol.-4-Mas-Aryo-dan-Pak-Susanto

Hal ini dikarenakan setiap operator seluler memiliki kombinasi kemampuan yang berbeda untuk menyediakan jaringan 5G. Selain itu, masing-masing produsen ponsel juga menghadirkan kemampuan untuk menggabungkan pita 5G dan 4G yang berbeda.

See also  Bisa glow in the dark, realme 8 Pro Illuminating Yellow resmi meluncur di Indonesia - KetikKetik

Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia mengatakan, menurutnya ada lebih dari 20 kombinasi combo band 5G dan 4G untuk menghasilkan ponsel yang kompatibel dengan jaringan 5G di Indonesia.

“Vendor handphone ini harus tahu, jadi harus ditulis handphonenya, kalau hanya bisa n40 untuk 5G tapi tidak diberitahu bisa pairing dengan band 1 untuk 4G tidak akan nyambung,” jelasnya.

Untuk mengetahui apakah ponsel benar-benar siap untuk jaringan 5G di Indonesia, Aryo mengatakan produsen ponsel harus sudah menguji jaringan 5G dengan operator seluler tertentu. Jika hal ini tidak dilakukan, maka bagi Aryo, ponsel dari vendor tersebut belum bisa dijamin terkoneksi secara optimal dengan jaringan 5G di Indonesia.

See also  Memenangkan baterai 5.000mAh, Samsung Galaxy M12 resmi diboyong ke Indonesia - KetikKetik
[ad_2] Source ketikGadgetren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *