Kenali Teknologi Audio Spasial yang mulai banyak didukung – KetikKetik

[ad_1]

Fitur Audio Spasial

Ketikketik – Pada iOS 15 yang diluncurkan beberapa waktu lalu, Apple menghadirkan fitur Spatial Audio atau Audio Spasial ke dalam layanan FaceTime.

Meski hanya didatangkan Apple untuk Facetime dan membuat banyak orang mengenalnya, namun fitur Spatial Audio sebenarnya sudah hadir di berbagai perangkat elektronik atau mobile sejak beberapa tahun lalu.

Bahkan fitur Spatial Audio telah diperkenalkan oleh Apple untuk mendukung AirPods Pro di iOS 14 untuk memberikan pengalaman suara tiga dimensi melalui Dolby Audio 5.1 atau 7.1.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Spatial Audio merupakan fitur head tracking dinamis yang mampu menghadirkan suara seperti bioskop yang mengelilingi Anda saat menonton film atau video, sehingga seolah-olah suara tersebut berasal dari sekitar Anda.

See also  Opsi memori dan kapasitas baterai Asus Zenfone 8 Mini bocor | Ketikketik

Dengan kata lain, Anda akan mendengar suara dalam tiga dimensi seolah-olah Anda berada langsung di lokasi mulai dari depan, belakang, atau samping dalam 360 derajat.

Audio Spasial AirPods Pro

Misalnya, saat Anda melakukan panggilan video dengan banyak orang menggunakan aplikasi FaceTime di iPhone, seolah-olah Anda sedang mengadakan rapat di meja yang sama di ruangan yang sama.

Apple sendiri menggunakan algoritmanya sendiri untuk mengonversi suara surround (5.1, 7.1, atau Dolby Atmos) ke Audio Spasial. Algoritme ini mengaktifkan filter audio terarah dan menyesuaikan frekuensi ke telinga Anda untuk mencapai efek mendalam seperti mendengarkan suara tiga dimensi dalam 360 derajat.

Sebenarnya tidak hanya Apple, earphone atau headphone dari berbagai merek seperti JBL Quantum ONE, Razer BlackShark V2 Headset, dan lainnya juga telah mendukung teknologi Spatial Audio sehingga membuat pengalaman menonton video atau bermain game lebih imersif dan nyata dalam 360°. derajat seolah-olah membuat Anda berada di arena persaingan.

See also  Video Viral Salah di Eskalator, Malah Netizen Jengkel Gara-gara Hal Ini - KetikKetik

Razer BlackShark V2

Dengan dukungan THX Spatial Audio, pengguna Razer BlackShark V2 Headset dapat merasakan pengalaman bermain game dalam lingkungan 360 derajat sehingga dapat mengetahui karakter game mana yang mendekati area sekitar pertandingan.

Namun, teknologi Spatial Audio di ponsel, earphone, dan headphone masih belum bisa menandingi efek suara tiga dimensi yang dihadirkan Home Theatre. Biasanya Home Theater membawa banyak speaker fisik yang disimpan di berbagai area sehingga mampu membuat suara film atau video yang Anda tonton menjadi nyata di area sekitarnya dalam 360 derajat.

Meski Home Theater memiliki hasil suara yang lebih baik, namun kehadiran teknologi Spatial Audio memudahkan pengguna untuk menikmati suara tiga dimensi 360 derajat di lingkungan sekitar dengan ukuran perangkat yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana dengan ringan.

See also  Vivo V21 5G - Harga, Varian, Spesifikasi dan Tanggal Rilis di Indonesia - KetikKetik
[ad_2] Source ketikGadgetren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *