BP Tapera bekerja sama dengan KSEI dan BRI untuk mengelola dana Tapera


Jakarta (KetikKetik) – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerja sama mengelola dana Tapera, khususnya untuk penyimpanan dan penyimpanan dana yang transparan, akuntabel, dan transparan. proses administrasi. efisien

“BP Tapera menyambut baik kerja sama dengan KSEI dan BRI, dan optimis dengan pencatatan individu peserta Tapera di KSEI dapat meningkatkan jumlah investor ritel di pasar modal,” kata Komisaris BP Tapera Adi Setianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. .

Untuk itu, Perjanjian Penggunaan Layanan Sistem Multi Investasi Terintegrasi (S-MULTIVEST) ditandatangani di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat.

KSEI berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur serta sistem dan mekanisme pencatatan pengelolaan dana Tapera, termasuk dengan BRI sebagai bank kustodian.

READ  Impor dari Australia Menyusut, Populasi Sapi RI Terancam

S-MULTIVEST adalah fasilitas elektronik terintegrasi yang disediakan oleh KSEI yang mencatat nomor identitas tunggal peserta, unit penyertaan, dan saldo simpanan masing-masing peserta.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan kerjasama KSEI-BP Tapera-BRI menjadi angin segar bagi industri manajemen investasi di Indonesia.

“Dalam kerjasama ini, KSEI berkomitmen sebagai penyedia infrastruktur agar pelaksanaan pengelolaan dana Tapera dapat berjalan efektif, efisien dan transparan,” kata Uriep.

Dengan program ini, KSEI akan mengelola tambahan 4,2 juta data SID peserta Tapera yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), di mana 167.506 telah menjadi investor pasar modal.

Uriep berharap kerjasama ini dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio jumlah keluarga yang memiliki rumah layak huni. Di sisi lain, peserta Tapera juga diharapkan dapat meramaikan dan meningkatkan transaksi pasar modal Indonesia ke depan.

READ  Bantu UMKM Naik Kelas, BNI Gelar UMKM Heroes

Perjanjian penggunaan layanan S-MULTIVEST terdiri dari beberapa kewajiban dan tanggung jawab utama penyedia sistem dan pengguna sistem, salah satunya KSEI akan menerbitkan Single Investor Identification (SID) untuk setiap peserta Tapera beserta fasilitas monitoring kepemilikan Tapera Fund Unit Penyertaan.

BP Tapera akan memesan dan mendaftarkan Rekening Multivest atas nama masing-masing Peserta Tapera melalui S-MULTIVEST, termasuk pengurusan proses administrasinya.

Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadi yang terbaik sebagai bank kustodian pengelola dana Tapera dengan jumlah peserta yang sangat besar, meliputi seluruh WNI aktif dan WNA pemegang visa kerja minimal enam bulan.

Diharapkan dengan kerja sama ini, upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio jumlah rumah tangga yang tinggal di rumah layak dari 56,75 persen menjadi 70 persen pada tahun 2024 dapat segera terwujud.

READ  Giant Close dan Centro Bangkrut, Mengapa Bisnis Ritel Modern Runtuh? - KetikKetik

Reporter: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniahdan
HAK CIPTA © KetikKetik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *