Pemberdayaan Talenta Muda, Kemenaker Sosialisasikan Talent Corner di Surakarta


KetikKetik – Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) mensosialisasikan talent corner di Surakarta, Jawa Barat. Hal ini untuk memberdayakan dan meningkatkan peran talenta muda dalam pembangunan, khususnya di bidang ekonomi.

“Berbagai tahapan yang komprehensif perlu dilakukan dalam talent mapping, skill development, dan match making yang mempertemukan talenta muda dengan komunitas dan jaringan profesional sehingga bisa berkolaborasi bersama,” kata Pj Direktur Program Standardisasi dan Pelatihan Kompetensi Binalatvoktas Kemnaker, Muchtar Aziz, saat membuka Focus Group. Diskusi (FGD) Pemetaan Potensi Kebutuhan Talenta Muda dan Talent Talk di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021)

Muchtar Aziz mengatakan, Kemenaker berkomitmen untuk terus memfasilitasi talenta muda melalui pengembangan kewirausahaan dan peningkatan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan pemberdayaan talenta muda, kata Dirjen Budi, angka pengangguran kaum muda bisa ditekan.

READ  Diterpa Masalah Finansial, Begini Upaya Jangka Pendek Garuda Indonesia

Seperti diketahui, saat ini tingkat pengangguran kaum muda di Indonesia masih termasuk yang tertinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

Baca juga:
Klaim Sukses Kurangi Pengangguran, SBY: Disertasi Saya Jadi Bagian Perekonomian Nasional

Oleh karena itu, menurut Muchtar Aziz, pengembangan talenta muda dilakukan dengan mengidentifikasi minat dan potensi yang dimiliki melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan sesuai kebutuhan.

“Hal ini terjadi karena kurangnya relevansi skill yang dihasilkan dengan permintaan di dunia kerja. Sehingga penilaian melalui Talent Corner diharapkan dapat menekan ketidaksesuaian tersebut,” ujar Muchtar Aziz.

Dalam kesempatan ini, Muchtar Aziz juga mengapresiasi keterlibatan Talent Hub Kemenaker dalam FGD dan Talent Talk kali ini.

READ  Usai Wali Kota Jayapura, Bupati Mimika Ancam Tolak Jadi Tuan Rumah PON

“Talent Hub merupakan salah satu platform sistem informasi ketenagakerjaan untuk mendukung peningkatan produktivitas bagi para talenta muda yang kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BLK Surakarta Teguh Sulityono mengatakan, hasil FGD dan Talent Talk ini nantinya akan digunakan sebagai masukan dalam merancang program-program Talent Corner yang ditargetkan. Selain itu, FGD dan Talent Talks juga untuk mensosialisasikan program Talent Corner yang mengangkat topik-topik profesi masa depan, kewirausahaan, dan industri kreatif dari berbagai perspektif.

Baca juga:
Kemenaker Kirim Tim Selidiki 5 Calon Buruh Migran Yang Melarikan Diri

“FGD dan Talent Talks yang akan berlangsung pada 10-11 Juni 2021 diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap Talent Corner dalam memperoleh data jaringan talenta muda yang menjadi target program Talent Corner 2021,” ujar Teguh. .

READ  Xiaomi Merilis Rp. 2 Juta Redmi Note 10S di Indonesia - KetikKetik



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *