Riset Jakpat: Tokopedia Jadi E-Commerce Unggulan, Paling Nyaman Digunakan

DDi era digital yang semakin memudahkan masyarakat, banyak perusahaan berlomba-lomba memberikan layanannya masing-masing untuk menarik perhatian konsumen. Dari berbagai jenis bisnis tersebut, situs e-commerce atau e-commerce adalah salah satunya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa teman-teman Gizmo gunakan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-harinya.

Menjadi salah satu situs e-commerce terbesar di tanah air, Tokopedia nampaknya terus berinovasi dalam layanannya guna memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh lembaga survei Jakpat, Tokopedia memiliki tampilan aplikasi paling populer oleh masyarakat. Tidak hanya itu, iklan atau TVC mereka juga nomor satu, bahkan dibandingkan dengan iklan jenis produk/jasa lainnya selama Ramadhan 2021.

Tokopedia E-Commerce Memiliki Tampilan Terbaik

Tokopedia - iOSSelain sebagai bentuk hiburan masyarakat di masa pandemi (siapa yang tidak suka window shopping, kan?), e-commerce juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan makanan, pakaian hingga hobi hingga elektronik rumah. Dapat diakses dari smartphone dengan mudah melalui aplikasi.

READ  Tidak bisa instan, deteksi asteroid berbahaya harus dilakukan dalam 5 tahun - KetikKetik

Melalui postingan media sosial di akun resmi Jakpat, diketahui bahwa Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler di kalangan pekerja dewasa dan profesional, bersaing ketat dengan dua kompetitor lainnya seperti Shopee dan Lazada.

Jakpat juga melakukan survei e-commerce dengan rating tampilan terbaik, dimana Tokopedia menjadi aplikasi e-commerce dengan tampilan terbaik menurut responden. Penilaian didasarkan pada beberapa faktor, antara lain; pencarian produk yang mudah, tampilan warna yang paling nyaman, tampilan menu dan tampilan presentasi produk yang paling mudah.

Menangkan Iklan Televisi Ramadhan Terbaik 2021

Salam wakaf tunai TokopediaJakpat juga merilis laporan survei terkait iklan televisi yang ditayangkan selama Ramadan. Responden diminta untuk menilai 20 iklan dari berbagai produk dan jenis layanan yang berjalan selama Ramadhan, dengan berbagai atribut seperti intensitas pembelian, minat, keunikan, kepercayaan, dan relevansi dari setiap iklan.

Dari 120 responden yang ditanyai di minggu terakhir Ramadhan kemarin, Tokopedia berhasil menjadi yang paling unggul. Baik secara keseluruhan (dibandingkan langsung dengan 19 iklan lainnya), maupun untuk iklan kategori e-commerce, mengungguli Shopee dan Lazada.

READ  RRQ Xin Mengungkap 3 Pemain Pro Paling Terkenal Sepanjang Masa - KetikKetik

Setiap TVC memiliki pendekatan yang berbeda-beda, dan untuk iklan spesial Ramadhan, Tokopedia menggunakan pendekatan yang memberikan promo spesial di bulan spesial ini untuk komunitas muslim melalui TVC “WIB Indonesia Shopping Time”, mencapai skor indeks iklan 81,5. Posisi kedua ditempati oleh produk mi instan, sedangkan pesaing e-commerce lainnya berada di posisi keenam dan kedelapan.

Berdasarkan tingkat relevansi, keunikan dan keberhasilannya dalam membangkitkan kepercayaan khalayak iklan, Tokopedia juga menjadi yang paling unggul bagi responden dibandingkan iklan perusahaan lain.

Telah Menghadirkan Banyak Inovasi Untuk Aplikasinya

Tokopedia AndroidPencapaian ini sebenarnya tidak mengejutkan. Pasalnya, sejak tahun lalu Tokopedia cukup cepat dalam meningkatkan aplikasinya. Pada akhir Oktober 2020, misalnya, versi aplikasi iOS mendapat serangkaian peningkatan. Selain bisa menggunakan NFC untuk isi ulang uang elektronik langsung, dihadirkan widget khusus untuk memantau status pengiriman barang.

READ  Lenovo Memperkenalkan Portofolio Komputer Tertanam ThinkEdge Baru

Tak hanya itu, aplikasi tersebut bahkan hadir di Apple Watch, lengkap dengan tampilan warna gelap (dark mode) yang akan lebih nyaman dilihat dalam kondisi pencahayaan tertentu. Inovasi ini membawa Tokopedia menjadi aplikasi terbaik di Apple App Store, dalam kategori “Hebat di iOS 14” dan tampil di halaman depan di bulan yang sama.

Berbeda dengan di Android, fitur yang menggunakan NFC sudah ada sejak tahun 2018. Tokopedia memberikan inovasi lain berupa Fitur Dinamis, memungkinkan smartphone hanya mengunduh fitur utama aplikasi yang dibutuhkan saja. Dapat memperkecil ukuran aplikasi hingga 27%, cocok untuk smartphone Android yang memiliki memori terbatas. Tagihan listrik dan paket data juga bisa ditanyakan melalui perintah suara ke asisten Google.


Penolakan: Artikel ini merupakan kerjasama dengan Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *