Produktivitas Petani Indramayu Meningkat Berkat Irigasi Pipa yang Dibangun Kementerian Pertanian

[ad_1]

KetikKetik – Produktivitas pertanian petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami peningkatan. Ini berkat irigasi perpipaan yang dibangun Kementerian Pertanian (Kementan).

Irigasi perpipaan buatan Kementerian Pertanian ini memiliki reservoir dengan panjang 4 meter, lebar 3 meter, kedalaman 2 meter dan pompa air yang memiliki debit 40 liter/menit.

Pipa yang dibangun memiliki panjang 50 meter dan diameter 3 inci. Irigasi pipa ini berhasil memperlancar distribusi air ke seluruh areal tanaman pangan dan meningkatkan produktivitas para petani di sana.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, irigasi perpipaan ini sengaja dibuat karena sangat menyadari bahwa air merupakan kebutuhan mutlak bagi sektor pertanian. Tanpa air, pertanian tidak mungkin berkembang dengan baik.

See also  Untuk mendapatkan izin jaringan 5G pertama, Telkomsel menjanjikan tarif yang terjangkau - KetikKetik

Baca juga:
Pemasok Telur ke Perusahaan Ritel Terkemuka yang Dilaporkan ke Kementerian Pertanian

“Air merupakan salah satu faktor penting untuk pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan merupakan program strategis untuk mengalirkan sawah milik petani agar tidak terganggu,” kata SYL, sapaan akrab Sayhrul Yasin Limpo dalam keterangannya, Jumat ( 11/6/2021).

Menurut SYL, penyediaan air sangat penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Indramayu. SYL menegaskan, kegiatan pertanian tidak boleh diganggu. Pertanian seharusnya tidak menjadi masalah.

“Oleh karena itu, kami memastikan air selalu tersedia untuk menunjang produksi pertanian, salah satunya melalui irigasi perpipaan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Direktur Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil. Menurut Ali Jamil, irigasi perpipaan bisa menjadi solusi saat musim kemarau.

See also  Pemerintah Pilih Pensiunkan Pembangkit Listrik Secara Alami - KetikKetik

“Sebagai bagian dari pengelolaan air, irigasi perpipaan ini memastikan air selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian, termasuk pada musim kemarau. Sehingga produksi pertanian sama sekali tidak terganggu,” kata Ali.

Baca juga:
Hari Arsip ke-50, Kementan Raih Kategori Sangat Memuaskan dari ANRI

Ali berharap masyarakat sekitar dapat menjaga dan memaksimalkan fungsi irigasi perpipaan ini.



[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *