Pemberantasan Preman Jangan Hanya Fokus di Jakarta

[ad_1]

JAKARTA, KetikKetik – Langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas aksi premanisme diharapkan tidak hanya terfokus di ibu kota. Karena aksi premanisme merajalela di daerah lain.

Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel mengapresiasi langkah Kapolri Sigit yang cepat menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi dengan menangkap puluhan preman di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun, dia mengingatkan, langkah ini harus seimbang di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jakarta Utara.

“Angkat topi untuk sigap Kapolri. Tapi kita berharap perhatian pejabat di tingkat presiden tidak hanya tertuju pada satu kota, apalagi tidak sulit melihat bagaimana premanisme dan pemerasan terjadi di mana-mana. dengan skala yang berbeda-beda,” kata Reza, Jumat (6/11/2021).

See also  Permintaan tidak dapat dipenuhi

Reza mencontohkan kinerja Kapolri Jenderal Sutanto. Saat dilantik setelah beberapa bulan, ia langsung melakukan pembersihan terhadap kantong-kantong preman di seluruh Indonesia, termasuk daerah rawan.

“Pak Syafruddin saat menjabat Wakapolri juga pernah mengatakan bahwa bersih-bersih kejahatan jalanan itu mudah. Tapi faktanya, tidak mudah menghapus premanisme dan palakisme seperti kejahatan jalanan, kata Reza.

Reza menilai, sulitnya memberantas premanisme di seluruh Indonesia karena gerakannya tidak lagi individual tetapi terorganisir. Dia bahkan curiga ada pelindung di balik premanisme itu.

Kerja polisi, lanjutnya, tidak lagi terbatas pada Satuan Reserse Kriminal tetapi juga perlu dilakukan untuk memperkuat satuan intelijen di lapangan. Polisi juga harus mencermati apakah ada anggota yang terlibat di balik aksi premanisme atau tidak.

See also  Berpotensi Tumbuh Besar, Industri Asuransi Perlu Modal Tambahan - KetikKetik

“Hari ini Kapolri bekerja cepat. Sekali lagi, itu bagus. Tapi itu tidak cukup. Efek takut sekaligus efek jera hanya akan muncul jika unsur keteguhan juga diwujudkan,” katanya.

Redaktur : Erwin Sihombing



[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *