21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Kemenparekraf dan Bisnis Indonesia Promosikan Wisata Minat Khusus melalui Video


Bisnis.comBEKASI – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Bisnis Indonesia menggelar pelatihan promosi konten wisata minat khusus.

Selama dua hari tersebut, yakni Jumat (1/7/2022) hingga Sabtu (2/7/2022), pelatihan dilakukan untuk membantu upaya pemerintah dalam mempromosikan wisata khusus, atau yang secara khusus dilatarbelakangi oleh kegiatan dan minat tertentu dalam berwisata. . Misalnya wisata kesehatan, bahari, kuliner, cagar budaya, dan petualangan.

Pada pelaksanaan hari kedua, Sabtu (2/7/2022), pelatihan difokuskan pada pengembangan fotografi untuk konten berita online dan pengembangan konten video online.

Content Producer Bisnis TV David Eka Issetiabudi menjelaskan bahwa video merupakan ruang informasi jurnalistik yang memiliki tiga elemen penting, yaitu narasi, audio, dan visual. Sepintas ada persamaan antara jurnalisme video dan dokumentasi, namun ada perbedaan yang jelas di antara keduanya.

David menjelaskan, untuk mempromosikan wisata minat khusus, bisa digunakan video jurnalistik. Pasalnya, media juga menuntut nilai berita, di mana video memuat sumber, data, dan konten yang menjawab pertanyaan 5w 1h (what, who, when, why, where, dan how).

“Namun, perlu dipahami bahwa konten video pendek tidak boleh bertele-tele dan langsung ke pokok permasalahan. Hal ini dapat dikembangkan dari konferensi pers mingguan yang dikembangkan agar lebih menarik dan didukung dengan ilustrasi pendukung,” ujarnya saat memberikan presentasi pada Workshop Produksi Konten Wisata Minat Khusus di Website Media Indonesia.travel di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, konten video seperti dari pemerintah merupakan jendela informasi terbaik untuk menggali fakta, data, potensi pariwisata, dan ekonomi kreatif nasional.

“Kebutuhan informasi baru sangat tinggi dan bersaing dengan media yang mendapatkan informasi langsung dari sumber sehingga dalam hal pemerintah, meskipun merupakan jendela informasi yang baik untuk dieksplorasi, tetap ada catatan bahwa konten mereka harus memerlukan persetujuan. . [dari yang bersangkutan] secara bertahap. Ini juga menjadi tantangan tersendiri,” ujarnya.

David merinci, pencarian informasi dari pemerintah dapat dikembangkan seperti menjajaki kebijakan, meninjau pencapaian, bahkan pemerintah membantu mendongkrak hidden gem untuk meningkatkan citra lokasi wisata.

permata yang tersembunyi Hal ini dapat disambut dengan penggunaan motion graphic yang menarik untuk dipelajari, khususnya bagi anak muda,” ujarnya.


Cek berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium

Masuk / Daftar



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles