GlobalFoundries memperkenalkan strategi ekspansi baru senilai $4 miliar | KetikDigital

[ad_1]

Dalam konteks: Kesulitan yang dihadapi industri semikonduktor telah menjadi begitu terkenal baru-baru ini sehingga berita utama tentang kekurangan chip dan masalah terkait yang ditimbulkannya telah menjadi umum. Sepanjang jalan, audiens yang lebih luas mulai mempelajari beberapa keanehan dan tantangan struktural dari bisnis chip.

Kurangnya chip memicu rencana penting dalam perusahaan semikonduktor besar. Contoh terbaru adalah pengumuman GlobalFoundries tentang peningkatan kapasitas yang signifikan di pabrik pembuatan chip yang ada di Singapura. Perusahaan mengumumkan investasi $ 4 miliar bersama dengan pejabat pemerintah Singapura dan berkomitmen kepada pelanggan untuk membangun tambahan 250.000 kaki persegi ruang yang diharapkan akan dibuka untuk produksi pada tahun 2023.

Investasi tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produksi secara keseluruhan sebesar 33%, meningkatkan kapasitas wafer 300mm dari sekitar 720.000/tahun menjadi hanya di bawah 1,2 juta/tahun, di samping sekitar 700.000 wafer 200mm yang diproduksi di sana juga setiap tahun. . (Perlu dicatat bahwa berita itu disampaikan kepada saya oleh sekelompok CEO khusus wanita dari GlobalFoundries—yang pertama dalam lebih dari 20 tahun yang meliput bisnis semikonduktor.)

Kebutuhan akan kapasitas produksi chip tambahan menjadi sangat nyata selama pandemi, jadi jelas bagus untuk melihat investasi GlobalFoundries (GF). Berita ekspansi ini penting bagi perusahaan dan industri semikonduktor pada umumnya karena beberapa alasan berbeda.

Pertama, ini memberikan perhatian yang layak pada bagian dari industri yang, sejujurnya, telah diabaikan selama sebagian besar beberapa dekade terakhir. Bagi mereka yang mengawasi perkembangan industri chip, sebagian besar pers dan perhatian diarahkan pada apa yang disebut sebagai simpul proses awal. Dalam bahasa Inggris, ini berarti ukuran chip yang semakin kecil – misalnya 7 nm (nm), 5 nm, 3 nm, dll. Sementara chip kelas atas ini memberi daya pada smartphone dan banyak perangkat menarik dan penting lainnya, mereka hanya menyumbang sekitar 30% dari total pendapatan industri chip dan sekitar 10% dari unit yang diproduksi.

See also  Redmi Note 8 2021 resmi berjalan, harganya masih misterius - KetikTekno

Dan yang paling penting, sangat sulit dan mahal untuk dikembangkan. Itu sebabnya, beberapa tahun yang lalu, GF – pada saat itu, agak kontroversial – membuat keputusan untuk tidak memainkan permainan nanometer melainkan fokus pada penambahan kemampuan dan fitur baru ke chip yang dibuat dengan ukuran transistor yang lebih besar (12 nm ke atas). Jenis chip ini tidak hanya merupakan bagian terbesar dari pengiriman dan pendapatan untuk industri semikonduktor, ternyata hanya ada sedikit aplikasi yang merupakan teknologi terbaik untuk digunakan. Aplikasi seperti RF (frekuensi radio), daya analog, dan memori non-volatil, misalnya, yang sangat penting untuk hal-hal seperti 5G, mobil, Internet of Things, dan banyak industri lainnya, paling sesuai dengan ukuran chip yang dimiliki GlobalFoundries dipilih untuk fokus.

Sayangnya, sebagian besar industri telah yakin bahwa segala sesuatu tentang chip hanya lebih baik jika lebih kecil. Akibatnya, jumlah investasi yang tepat belum dilakukan dalam jenis keripik yang kurang “menarik” ini, dan ini telah membawa seluruh industri ke tahap kekurangan kritis di mana ia menemukan dirinya sendiri. Dan investasi GlobalFoundries jelas merupakan langkah ke arah yang benar dalam mulai mengatasi masalah seputar node yang lebih sedikit berkembang. Fakta bahwa perusahaan juga telah mengindikasikan jenis investasi serupa yang rencananya akan dilakukan di AS dan Eropa menyoroti meningkatnya fokus yang diterima jenis komponen ini.

See also  Ulang Tahun ke-7, "LINE Creators Market" Terus Meroket - KetikTekno

Sayangnya, berita GF juga menyoroti betapa mahal dan lambatnya perubahan dalam industri chip. Sementara banyak produsen besar, terutama pembuat mobil, mengklaim chip sebanyak yang mereka bisa setelah mereka bisa mendapatkannya, kebenaran yang mengganggu adalah bahwa tidak ada jawaban yang mudah untuk masalah ini, dan itu akan memakan waktu beberapa tahun sebelum dapat diselesaikan.

Seperti yang diketahui oleh pengamat industri chip sejak lama, pekerjaan semikonduktor selalu sangat siklis dengan banyak fase kekurangan dan kelebihan yang berbeda karena waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kesenjangan. Dengan beberapa perkiraan yang memperkirakan bahwa pengiriman dan pendapatan semikonduktor akan lebih dari dua kali lipat dekade ini, kali ini segalanya mungkin berbeda, dan potensi masalah kelebihan pasokan tampaknya di luar jangkauan.

Faktor lainnya adalah lingkungan di sekitar industri chip sekarang sangat berbeda dengan sebelum pandemi. Untuk satu hal, konsentrasi fasilitas pembuatan chip di begitu sedikit wilayah di seluruh dunia telah menjadi masalah geopolitik besar-besaran. Faktanya, pemerintah besar di seluruh dunia sekarang menyerukan kebijakan yang mendorong produksi keripik dalam negeri.

Di sini, di AS, Senat baru-baru ini meloloskan CHIPs for America Act, yang menyisihkan $52 miliar dalam stimulus untuk upaya manufaktur dan penelitian dan pengembangan AS, sementara Undang-Undang Fasilitasi Amerika bipartisan yang baru diperkenalkan tentang Semikonduktor (FABS) diharapkan memberikan insentif pajak Produsen chip Amerika. Para pemimpin pemerintah menyadari pentingnya kelompok pemasok semikonduktor yang beragam secara geografis, dan bahkan pembuat chip sendiri mulai melakukan lebih banyak upaya untuk memperluas jangkauan global mereka — sesuatu yang telah dilakukan GlobalFoundries selama lebih dari 10 tahun.

See also  4 Alat Game Mobile Legends Untuk Menjadi Pemain ML Pro

Fakta bahwa pengumuman GF dibuat bersama dengan Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura adalah demonstrasi yang jelas dari prinsip-prinsip ini, karena banyak kesepakatan manufaktur chip di masa depan cenderung mencerminkan kemitraan publik-swasta ini. Sekitar 1.000 pekerjaan berketerampilan tinggi yang diharapkan akan tercipta sebagai bagian dari ekspansi FAB adalah alasan lain minat pemerintah terhadap angkatan tersebut. Kesepakatan GF juga menarik karena keterlibatan dari apa yang disebutnya “klien yang berkomitmen”. Jelas bahwa miliaran dolar dalam investasi manufaktur tidak dapat dilakukan dengan bijaksana tanpa komitmen keuangan jangka panjang yang tegas dari pelanggan utama – jenis lingkungan “membangun itu akan datang” tidak lagi. Akibatnya, saya berharap untuk melihat berita tentang fasilitas baru lainnya, baik dari GlobalFoundries dan pemain lain di industri, untuk mengintegrasikan elemen klien dengan mereka.

Pandemi telah menggambarkan ketergantungan masyarakat kita pada perangkat digital dan layanan yang mengandalkan chip. Akibatnya, menyediakan lingkungan politik yang tepat dan insentif keuangan yang tepat untuk memastikan pasokan bio-chip yang stabil, aman dan beragam yang menggerakkan mereka tidak diragukan lagi akan menjadi prioritas utama bagi bisnis dan pemerintah untuk beberapa waktu mendatang. Sebagai perusahaan yang berbasis di AS, senang melihat GlobalFoundries membantu mengatur nada tentang cara meluncurkan kasus dan kesepakatan semikonduktor global semacam ini.

Bob O’Donnell adalah pendiri dan kepala analis TECHnalysis Research, LLC, sebuah perusahaan konsultan teknologi yang memberikan saran strategis dan layanan riset pasar untuk industri teknologi dan komunitas keuangan profesional. Anda dapat mengikutinya di Twitter penyematan tweet.

keseimbangan gambar weichi



[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *