21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

5 Cara Menghitung Kalori untuk Menurunkan Berat Badan, Paling Mudah Menggunakan Aplikasi


Seperti dilansir Liputan6.com dari Healthline.com, Jumat (8/7/2022), banyak penelitian menunjukkan bahwa ketika orang makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar, mereka akan menambah berat badan.

Fakta sederhana ini menunjukkan bahwa cara menghitung kalori penting untuk menjaga berat badan ideal. Sementara membatasi asupan kalori bisa menjadi metode yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Dari sumber yang sama terungkap bahwa satu ulasan menemukan bahwa program penurunan berat badan yang melibatkan penghitungan kalori kehilangan berat badan 3,3 kg lebih banyak daripada yang tidak menghitung kalori.

Lalu berapakah hitungan kalori yang baik untuk mengetahui berapa asupan kalori yang dibutuhkan? Cara menghitung kalori harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, berat badan, dan tingkat aktivitas. Misalnya, seorang atlet pria berusia 25 tahun akan membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita berusia 70 tahun yang tidak melakukan aktivitas fisik serupa.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda perlu tahu cara menghitung kalori untuk membatasi asupan kalori Anda hingga kurang dari kebutuhan harian Anda. Untuk dapat mengetahui kebutuhan kalori harian Anda sebenarnya hanya membutuhkan perhitungan sederhana.

Dilansir Liputan6.com dari Harvard Health Publishing, cara menghitung kalori yang Anda butuhkan cukup dikalikan dengan 15 berat badan Anda.

Jumlah itu dibutuhkan untuk setiap pon atau setengah kilogram berat badan. Dengan catatan, Anda cukup aktif. Cukup aktif berarti melakukan aktivitas yang meliputi 30 menit aktivitas fisik sehari dalam bentuk olahraga, berjalan dengan langkah cepat, menaiki tangga, atau berkebun.

Misalnya, seorang wanita memiliki tinggi 162 cm dan berat 70 kg. Dengan tinggi dan berat badan seperti itu, Anda harus menurunkan setidaknya 7kg untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Maka cara pertama untuk mengetahui cara menghitung kalori yang dibutuhkan adalah dengan mengubah berat badan Anda menjadi kilogram. Setelah dikonversi, Anda akan mendapatkan berat 155 pound. Kemudian bilangan tersebut dikalikan dengan 15. Jadi hasilnya adalah 2.325. Jumlah ini adalah jumlah kalori yang dibutuhkan per hari untuk mempertahankan berat badan Anda saat ini.

Namun saat ini sudah banyak website atau aplikasi yang bisa di install di hp kamu yang berfungsi untuk menghitung kalori. Dengan menggunakan aplikasi itu, menghitung kalori akan jauh lebih mudah.

Jika ingin menurunkan berat badan, maka yang perlu dilakukan adalah memberikan asupan kalori lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan untuk menjaga berat badan.

Mengacu pada contoh di atas, misalnya, jika Anda ingin menurunkan setengah hingga satu kilogram berat badan dalam satu minggu, asupan kalori harian Anda harus 500 hingga 1.000 kalori lebih sedikit dari total kalori yang dibutuhkan untuk menjaga berat badan Anda. Jika Anda membutuhkan 2.325 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan, untuk menurunkan berat badan kurangi kalori harian menjadi antara 1.325 dan 1.825.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles