21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Awalnya mengira media sosial hanya lelucon, seniman grafiti ini ternyata kaya raya dari Facebook


Memuat…

David Choe, seniman grafiti asal Korea Selatan ini, awalnya mengira media sosial adalah lelucon. Foto/Majalah Farout

LOS ANGELES -David Choe, artis Grafiti berdarah Korea Selatan ini, awalnya mengira media sosial adalah lelucon. Namun, pria yang lahir di Los Angeles dari orang tua imigran asal Korea Selatan ini memiliki kekayaan yang melimpah dari Facebook salah satu media sosial terpopuler saat ini.

Setelah tugas singkat di California College of Art, ia memulai karirnya sebagai seniman dengan menerbitkan beberapa novel grafis yang ia berikan di Comic-Con. Proyek selanjutnya termasuk komisi mural dari Heidi Fleiss dan serial video online untuk majalah Vice berjudul Thumbs Up! di mana dia menumpang melintasi Amerika Utara.

Choe adalah seorang seniman yang karyanya terutama terdiri dari lukisan figuratif yang mengeksplorasi tema trauma, keinginan, kesedihan dan perayaan. Karyanya dicirikan oleh komposisi kacau dan panik, yang didefinisikan oleh Choe sebagai ‘gaya kotor’.

Baca juga; Berkat Bantuan Google Terjemahan Pasangan dari Australia dan Kazakhstan Akhirnya Menikah

Ketenaran dan kekayaan Choe datang pada tahun 2005, ketika karyanya menarik perhatian Sean Parker, mantan Napster, yang saat itu menjabat sebagai presiden situs media sosial monolitik Facebook. Parker meminta Choe untuk melukis beberapa mural eksplisit secara seksual di kantor Facebook Silicon Valley yang asli.

Choe mengklaim bahwa dia membenci media sosial dan versi awalnya, seperti MySpace dan Friendster. Dia menyebut Facebook sebagai usaha yang “konyol dan tidak berguna”, tetapi dari Facebook melalui Parker dia ditawari $60.000 untuk melukis mural interior kantor.

“Harga saya semakin tinggi dan tinggi, dan saya seperti, ‘Ya, maksud saya, jika Anda ingin saya mengecat seluruh bangunan, itu akan menjadi 60, Anda tahu, (itu berarti) 60k,” kata Choe. Sabtu (6/8/2022).

Baca juga; Berkat Grup Jual Beli Facebook, Buronan Pencurian Ditangkap

Setelah menyelesaikan mural, Parker menawarkan Choe $60.000 dalam bentuk tunai atau ditukar dengan saham Facebook. Tentu saja, pada saat itu tidak ada yang tahu apakah sebagai perusahaan Facebook akan sukses atau tidak, tetapi Parker menyarankan agar Choe mengambil saham, dan dia mengikuti saran itu.

Ketika saham Facebook go public pada tahun 2012 dengan harga $38 per saham, saham Choe bernilai $200 juta. Choe menjadi multi-jutawan hanya dari 60 pekerjaan besar.

Tentu saja, gagasan Choe bahwa Facebook adalah lelucon terbukti; Dia membenci media sosial, tetapi melalui muralnya yang menakjubkan di Facebook, dia menghasilkan banyak uang. Kekayaan baru Choe membuatnya menghabiskannya dengan berbagai cara.

Choe terkenal karena kecanduan judinya, tetapi dia juga pernah memberikan $ 100.000 dalam undian yang membuat pemenangnya naik pesawat ke Los Angeles. Choe secara pribadi menyerahkan uang tunai bersama dengan lukisan khusus yang telah dia buat.

(Web)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles