21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Gus Yahya Minta Jangan Pakai Identitas NU untuk Politik


Jakarta, IDN Times – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara HUT ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta. Sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut, antara lain Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf.

Dalam acara tersebut, Gus Yahya meminta semua pihak untuk tidak membawa nama NU dalam acara-acara politik.

“Kalau boleh aku bilang kekhawatiran mengenai apa yang akan terjadi ke depan, pertama-tama saya kira karena kita ingin semuanya tetap bersatu, tetap harmonis, apapun persaingan yang akan berlangsung, seberat apapun, maka kita tentu sangat berharap di kompetisi nanti tidak ada cara menggunakan identitas sebagai senjata,” kata Gus Yahya, Jumat (5/8/2022).

“Jadi, betapapun kebuntuan para kontestan ini dalam menyorot atau menghadapi persaingan yang ada, kami mohon jangan menggunakan identitas sebagai senjata, baik itu identitas etnis, identitas agama, termasuk identitas NU. Saya kira ini harus saya sebutkan karena NU agak kurang beruntung dibanding Muhammadiyah. Muhammadiyah ini bisa leluasa mengambil jarak dari kompetisi semacam ini, NU ini ingin lari dan dikejar, jadi kita tidak perlu mendapat perhatian lebih terkait hal ini,” lanjutnya.

Baca Juga: Bantuan Sosial Beras Dimakamkan di Depok, Cak Imin Minta Evaluasi Penyaluran

1. Cak Imin membuka sambutannya sebagai anggota NU

Dihadapan Cak Imin, Gus Yahya minta jangan pakai identitas NU untuk politikWakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Dalam acara tersebut, Cak Imin membuka sambutannya dengan memperkenalkan dirinya sebagai anggota NU.

“Bapak-bapak, terus terang saya kesulitan bicara delapan menit karena orang NU banyak bicara, mau kemana, tapi kesimpulannya biasanya bagus, tapi karena ini TOR (kerangka acuan) harus dilaksanakan,” dia berkata.

Baca Juga: Ketua PBNU Dukung Kiai Miftach Mundur dari Ketua MUI, Ini Alasannya

2. Cak Imin bercanda agar Forum Pempred tidak menjadi Partai Pempred

Dihadapan Cak Imin, Gus Yahya minta jangan pakai identitas NU untuk politikWakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Lebih lanjut, Cak Imin dalam sambutannya bercanda tentang logo Forum Pemred yang mirip dengan surat PP. Katanya, jangan sampai PP berubah menjadi Partai Pemred.

“Selamat atas logo barunya, tapi tulisannya jangan dari Partai Pemred,” ujarnya sambil tertawa.

3. Jokowi berharap pers melawan informasi hoax

Dihadapan Cak Imin, Gus Yahya minta jangan pakai identitas NU untuk politikPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo hadir memberikan presentasi virtual pada acara HUT ke-10 Forum Pempred. Secara virtual, Jokowi menyampaikan peran pers untuk membangun negara. Menurutnya, pers merupakan pilar keempat demokrasi.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak pers untuk melindungi hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, menyajikan berita berdasarkan karya jurnalistik yang berkualitas, serta memerangi hoaks dan fitnah yang dapat memecah belah bangsa,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kemudian menyampaikan selamat ulang tahun ke-10 Forum Pempred.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi ke-10 Forum Pemimpin Redaksi Indonesia, terus menunjukkan komitmennya untuk menjaga independensi dan kebebasan pers,” katanya.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles