21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Alasan 4 Perwira Ditempatkan Khusus dalam Kasus Brigadir J


Jakarta, IDN Times – Tim Khusus Polri (Timsus) akan menempatkan empat anggota Polri di tempat khusus (Patsus) selama 30 hari ke depan. Mereka diduga menghalangi penyidikan kasus meninggalnya Brigadir J di rumah dinas mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, salah satu penyebabnya terkait keselamatan aparat kepolisian yang melanggar aturan etik.

“Keamanan atau keselamatan tersangka pelanggar dan masyarakat,” katanya saat dimintai konfirmasi, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: 4 Polisi Diduga Menghalangi Kasus Brigjen J Ditempatkan di Tempat Khusus

1. Empat petugas ditempatkan di Patsus sebelum melakukan sidang etik

Alasan Timsus Menempatkan 4 Petugas di Tempat Khusus Kasus Brigadir JKabag Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo (dok. Humas Polri)

Ramadhan menjelaskan, penempatan empat petugas di Satgas Khusus itu berdasarkan Perpol Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri Pasal 1 angka 31.

“Pasal 98 Ayat 3, dalam hal tertentu penempatan di tempat khusus dapat dilakukan sebelum sidang KKEP dengan pertimbangan,” ujarnya.

2. Kasus meninggalnya Brigadir J menjadi perhatian publik

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

pilihan Editor

Alasan Timsus Menempatkan 4 Petugas di Tempat Khusus Kasus Brigadir JKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (ANTARA/HO-Polri)

Selain alasan keamanan, penempatan keempat petugas ini juga karena kasus meninggalnya Brigadir J telah menarik perhatian masyarakat luas. Apalagi, dikhawatirkan tersangka pelanggar akan kabur atau mengulangi pelanggaran lagi.

“Berdasarkan Perkap Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Pelanggaran Disiplin Pasal 1 Angka 35, tempat khusus yang selanjutnya disingkat Patsus adalah berupa markas, tempat tinggal, ruangan tertentu, kapal, atau tempat yang ditunjuk oleh ankum,” kata Ramadhan.

Baca juga: Kapolri: 3 Petinggi Bintang 1 Diselidiki Kasus Brigadir J

3. Empat perwira yang terdiri dari pangkat pama dan pamen

Alasan Timsus Menempatkan 4 Petugas di Tempat Khusus Kasus Brigadir JBrigjen Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) bersama atasannya, Kepala Divisi Propam Irjen (Pol) Ferdy Sambo (www.facebook.com/@rohani.simanjuntak)

Empat petugas yang ditempatkan di tempat khusus itu terdiri dari tiga anggota Polres Metro Jakarta Selatan, dan satu anggota Polda Metro Jaya.

Kabag Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo tidak membeberkan secara detail identitas keempat petugas yang ditempatkan di tempat khusus tersebut. Dedi hanya menyebut keempat perwira itu berpangkat perwira pertama (pama) dan perwira menengah (pamen).

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo. Bharada E dijerat dengan Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1) KUHP I jo Pasal 56 KUHP.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles