21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Mahfud MD Pastikan Irjen Ferdy Sambo Dibawa ke Mako Brimob


Jakarta, IDN Times – Menko Polhukam Mahfud MD membenarkan informasi penangkapan Irjen Pol Ferdy Sambo. Dikatakannya, Ferdy kini telah dibawa ke Markas Brimob, Kelapa Dua, Depok, Sabtu (6/8/2022).

“Ya, saya mendapat informasi bahwa Ferdi Sambo dibawa ke Mabes Brimob dan Provos,” kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya.

Mahfud menjelaskan, membawa Ferdy ke Mabes Brimob dan Provos dimungkinkan karena menurut undang-undang, pelanggaran etika dan pelanggaran pidana bisa berjalan beriringan.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

pilihan Editor

“Anda tidak harus menunggu satu sama lain dan Anda tidak bisa membatalkan satu sama lain. Artinya, jika seseorang dijatuhi sanksi etik, bukan berarti tuduhan pidananya dikesampingkan. Pelanggaran etika diproses, pelanggaran pidana diproses secara paralel,” kata Mahfud.

Mahfud kemudian mencontohkan kasus Akil Mochtar di MK, kemudian yang bersangkutan ditahan atas dugaan korupsi setelah OTT. Tanpa menunggu selesainya proses pidana, pelanggaran etiknya diproses dan diberhentikan terlebih dahulu dari jabatannya sebagai hakim MK melalui sanksi etik.

“Itu memudahkan penyidikan tindak pidana karena dia tidak bisa genit di MK. Beberapa saat setelah sanksi etik dijatuhkan, kemudian dijatuhkan pidana. Pemeriksaan pidananya lebih rumit, sehingga memakan waktu lebih lama dibandingkan pemeriksaan pelanggaran etik,” kata Mahfud.

Baca Juga: Ferdy Sambo Dikabarkan Ditangkap, Polisi: Tunggu Timsus



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles