21.4 C
Indonesia
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Presiden Taiwan kecam latihan militer besar-besaran China


Jakarta, IDN Times – Presiden Taiwan Tsai Inge-wen mengutuk keras latihan militer besar-besaran yang dilakukan China di Selat Taiwan. China menggelar latihan militer hingga Minggu (7/8/2022) besok.

Sekitar 68 jet tempur milik China menerobos garis tengah Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022). Selain jet tempur, China juga mengirimkan 13 kapal perang.

Baca Juga: 68 Jet Tempur dan 13 Kapal Perang China Tembus Zona Taiwan

1. Tindakan China sangat tidak bertanggung jawab

Presiden Taiwan kecam latihan militer besar-besaran China Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara kepada media setelah pidato kebijakan langsung keduanya menjelang pemilihan Januari di Taipei, Taiwan, pada 25 Desember 2020. BETWEEN PHOTOS/REUTERS/Ann Wang

Tsai bersikeras bahwa tindakan Beijing tidak bertanggung jawab. Latihan militer China menimbulkan eskalasi ancaman militer yang disengaja dan terus-menerus.

“Saya harus menekankan bahwa kami tidak berusaha untuk meningkatkan konflik atau memprovokasi, tetapi kami akan dengan teguh mempertahankan kedaulatan kami,” kata Tsai. CNNSabtu (6/8/2022).

Pernyataan Tsai muncul saat 11 rudal balistik China ditembakkan ke perairan timur dan barat daya wilayah Taiwan pada 4 Agustus 2022.

Baca Juga: 8 Tindakan China untuk Menghukum AS Usai Nancy Pelosi Kunjungi Taiwan

3. Taiwan mengatakan China melanggar hukum internasional

Presiden Taiwan kecam latihan militer besar-besaran China Ilustrasi jet tempur F-18 Lockheed Martin (www.lockheedmartin.com)

Sejumlah pejabat Taiwan mengecam tindakan China tersebut. Mereka menyebut latihan militer itu sebagai latihan China terbesar yang pernah ada di sekitar Taiwan.

“Latihan ini melanggar hukum internasional, melanggar aturan PBB, menginvasi ruang teritorial Taiwan, dan merupakan tantangan langsung terhadap navigasi udara dan laut bebas,” kata pejabat Taiwan itu.

Sementara itu, latihan tembakan langsung militer China di laut sekitar Taiwan berlangsung pada Sabtu dari pukul 12 siang hingga 12 malam pada 7 Agustus 2022.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,429FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles