28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

China menjatuhkan sanksi pada Nancy Pelosi dan keluarganya


Jakarta, IDN Times – Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi diberi sanksi oleh China setelah kunjungannya ke Taiwan dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen.

China menegaskan Taiwan adalah bagian dari negaranya dan Pelosi seharusnya tidak mengunjungi wilayah yang memisahkan diri itu. Pelosi adalah pejabat tertinggi kedua AS yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun.

1. Keluarga Nancy Pelosi disetujui oleh China

China menjatuhkan sanksi pada Nancy Pelosi dan keluarganya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengumumkan kemajuan Investigasi Mueller pada 25 Juli. instagram.com/speakerpelosi

Negeri Tirai Bambu itu menjatuhkan sanksi kepada Pelosi beserta keluarga dan kerabat dekatnya, meski tidak merinci sanksi apa yang dimaksud.

“Nancy Pelosi melakukan kunjungan provokatif yang merusak kedaulatan dan integritas teritorial China,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: China-Taiwan Tegang, Kondisi WNI Dijamin Aman

2. Menlu Antony Blinken meminta China untuk tidak meningkatkan aktivitas militer

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

pilihan Editor

China menjatuhkan sanksi pada Nancy Pelosi dan keluarganya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, berbicara pada konferensi pers pada Senin 1 Februari 2021. (Facebook.com/US Department of State)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken. meminta China untuk tidak sengaja membuat krisis di Selat Taiwan.

Blinken juga mengakui bahwa AS telah menghubungi dan melibatkan sejumlah pihak di China untuk menyampaikan pesan kepada Negeri Tirai Bambu agar tidak meningkatkan serangan ke Taiwan.

“Saya ingin menekankan bahwa tidak ada yang berubah dengan posisi kami, dan saya sangat berharap Beijing tidak akan dengan sengaja menciptakan krisis atau mencari alasan untuk meningkatkan aktivitas militernya yang agresif,” kata Blinken.

3. Ketegangan antara China dan Taiwan meningkat

China menjatuhkan sanksi pada Nancy Pelosi dan keluarganya Xi Jin Ping dan Tsai Ing-wen (instagram.com/tsai_ingwen |instagram.com/chinaxinhuanews)

Sekitar 68 jet tempur milik China menerobos garis tengah Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022). Selain jet tempur, China juga mengirimkan 13 kapal perang. Sebuah sumber pemerintah Taiwan mengatakan 68 jet militer China melintasi perbatasan Taiwan, meskipun hanya sebentar.

Menanggapi latihan militer China sejak dua hari lalu, Kementerian Pertahanan Taiwan (Kemenhan) mengirimkan pesawat militer dan sistem rudal darat untuk memantau situasi di Selat Taiwan.

Baca juga: Utusan Malaysia untuk China Kutuk Kunjungan Pelosi ke Taiwan



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,510FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles