28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

Epic Games Blocked by Kominfo menyulitkan developer game lokal untuk bekerja


Jakarta

Game Epik belum terdaftar Lingkup Pribadi Operator Sistem Elektronik (PSE). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih harus memblokirnya.

Hal ini tak hanya berdampak pada berbagai game yang ditawarkannya, melalui laman Epic Games Store. Tapi itu juga menutup akses ke produk mesin game mereka, berjudul Mesin Tidak Nyata.

Hal ini dikarenakan, untuk dapat menggunakan aplikasi pengembangan game ini, Anda harus melalui launcher yang sudah terpasang di PC atau laptop Anda. Nah, karena Kominfo blokir akses ke Game Epiklalu ada beberapa developer yang kesulitan menggunakan Mesin Tidak Nyata.

Salah satunya dialami oleh developer game lokal, Tim Gamecom. Josevina Gaby, Community Manager Tim Gamecom, mengatakan bahwa pihaknya merasa terganggu dengan pemblokiran tersebut.

“Dengan pemblokiran Epic Games, para programmer kesulitan mengakses Unreal Engine untuk mengembangkan game tersebut,” kata Josevina Gaby kepada detikINETSenin (8/8/2022).

Selain itu, Jose menambahkan, karena pemblokiran Kominfo, mereka sebagai pengembang menjadi lebih waspada. Hal ini dikarenakan, masih banyak aplikasi/website yang perlu digunakan oleh pengembang game yang belum terdaftar pada pengembang game tersebut. Lingkup Pribadi PSE dan terancam diblokir.

“Seperti Adobe, Unity, dan aplikasi lain yang menjadi tools untuk pengembangan sebuah game,” tambahnya.

Seperti yang kita semua tahu, itu Game Epik menjadi 100 PSE dengan traffic tertinggi di Indonesia. Namun hingga waktu yang ditentukan, mereka belum mendaftarkan diri.

Berbeda dari UapDota 2, Counter-Strike: Global Offensive, Origin akhirnya dibuka blokirnya Kominfo. Keempatnya kini sudah bisa diakses secara bebas oleh para gamer di Tanah Air.

Sedikit informasi, Pendaftaran Lingkup Pribadi PSE Hal tersebut telah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Swasta.

Melalui aturan PSE Ini untuk perusahaan yang beroperasi secara digital, seperti memiliki website atau aplikasi, yang beroperasi di wilayah Indonesia. Kewajiban pendaftaran ini ditujukan kepada perusahaan asing maupun lokal.

Tonton video”Pembaruan Kominfo tentang Pemblokiran dan Pendaftaran PSE
[Gambas:Video 20detik]

(HP/AFR)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,510FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles