28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

Tesla Dikabarkan Beli Nikel dari Indonesia Seharga Rp 74 Triliun


TEMPO.CO, Jakarta – Pabrikan mobil listrik AS Tesla dikabarkan telah menandatangani kontrak senilai sekitar US$ 5 miliar (setara Rp 74,15 triliun dengan kurs saat ini 1 = Rp 14.831) untuk membeli bahan baterai dari pengolahan nikel perusahaan di Indonesia. Informasi yang bocor ini dilaporkan Reuters siapa yang mengutip CNBC Indonesia, Senin, 8 Agustus 2022.

Indonesia melalui Presiden Joko Widodo berusaha menarik minat Tesla untuk berinvestasi dengan mendirikan fasilitas produksi baterai kendaraan listrik. Jokowi dan sejumlah menteri kabinet bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di Amerika Serikat awal tahun ini.

“Kami masih melakukan negosiasi dengan Tesla, tetapi mereka sudah mulai membeli dua produk unggulan dari Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam wawancara yang disiarkan Senin.

Dia mengatakan Tesla menandatangani kontrak lima tahun dengan perusahaan pengolahan nikel yang beroperasi di luar Morowali, Sulawesi Tengah. Nikel akan digunakan dalam baterai lithium Tesla.

Tesla tidak segera menanggapi email Reuters yang meminta komentar.

Indonesia tertarik untuk mengembangkan industri kendaraan listrik dan baterai dalam negeri serta menghentikan ekspor bijih nikel untuk menjamin pasokan bagi investor. Langkah ini telah menarik investasi dari raksasa baja China dan perusahaan Korea Selatan seperti LG dan Hyundai.

Namun, sebagian besar investasi nikel selama ini ditujukan untuk produksi logam mentah seperti nikel pig iron dan feronikel.

Pemerintah berencana untuk mengenakan pajak ekspor pada logam-logam ini untuk meningkatkan pendapatan sambil mendorong lebih banyak produksi dalam negeri dari produk-produk bernilai lebih tinggi, kata seorang pejabat senior. Reuters minggu lalu.

Baca juga: Bahlil Ungkap Tugas Bersama Luhut Kelola Investasi Tesla

Ingin berdiskusi dengan redaksi tentang artikel di atas? Ayo gabung di grup Telegram GoOto.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,510FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles