Aplikasi SIHALAL Untuk Mempermudah Sertifikasi Usaha Kecil – KetikKetik

Badan Penjaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama berupaya menyempurnakan penerapan Sistem Informasi Halal (SIHALAL). Upaya tersebut dilakukan melalui sinergi dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan PT Telkom.

“Kami terus melakukan pengembangan SIHALAL untuk mendukung proses sertifikasi halal bagi pelaku usaha, khususnya bagi pelaku UMK (usaha mikro dan kecil) sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Produk Halal. Dijamin, ”kata Manajer Sistem Informasi Halal (SIHALAL) BPJPH, Muhammad Yanuar Arif, Senin (19/4), seperti dikutip dari Halal.go.id.

Terkait perkembangan tersebut, ketiga pihak telah melakukan pertemuan untuk membahas digitalisasi Sistem Informasi JPH. Diskusi ini bertujuan untuk menghasilkan rumusan sinergi BPJPH dan Telkom yang difasilitasi oleh KNEKS dalam rangka memfasilitasi proses sertifikasi halal bagi para pelaku usaha, khususnya UMK (usaha mikro dan kecil).

READ  Kripto Mania, Ada Barang Anyar Nih Namanya VTube Token

Dalam regulasi JPH terbaru, terdapat sejumlah perkembangan dalam sertifikasi halal, khususnya bagi UMK. Akibatnya, proses penerbitan sertifikasi halal mengalami penyesuaian. Aplikasi SIHALAL yang dibangun sebelum ada perubahan regulasi juga harus mengalami penyesuaian.

Untuk mempercepat proses pengembangan dan penyesuaian sistem SIHALAL, BPJPH bekerja sama dengan pihak lain untuk mengintegrasikan sistem tersebut.

“Kami menahan pemikiran desain untuk memetakan kebutuhan pemangku kepentingan serta menentukan langkah strategis yang harus diambil dalam pengembangan dan percepatan sistem informasi JPH ini, ”ujarnya.

Sinergi ketiga lembaga tersebut dilakukan dalam virtual meeting. Pembahasan juga menyangkut draft nota kesepahaman (MoU) kerjasama serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJPH dan Telkom dalam pengembangan dan digitalisasi sistem informasi halal.

READ  Data Tenaga Kerja AS Positif, Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 - KetikKetik

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pejabat dan pimpinan dari BPJPH, KNEKS, dan Telkom. Diantaranya adalah Kepala Divisi Halal Value Chain KNEKS Umar Aditiawarman, General Manager Finance Services & Technology Telkom Zuhed Nur, dan lainnya.

Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *