Penambahan investasi Telkomsel di Gojek akan berdampak positif bagi Telkom – KetikKetik

[ad_1]

Ketikketik – Co Founder Jarvis Asset Management Kartika Sutandi CFA menilai investasi Telkomsel di Gojek akan mampu meningkatkan saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) sebagai induk perusahaan.

Menurut Kartika, harga saham Telkom saat ini tidak mencerminkan investasinya di Gojek. Jika sudah merefleksikan investasinya di Gojek, maka harga saham TLKM bisa menjadi dua kali lipat.

“Saya optimistis harga saham Telkom pasca IPO Gojek dua kali lipat dari harga saat ini. Harga saham Telkom akan terus tumbuh karena Telkom dan Telkomsel terus berinvestasi di perusahaan digital,” kata Kartika dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/11 /). 5/2021).

Kartika menilai investasi yang dilakukan Telkomsel di Gojek sangat tepat. Selain mendiversifikasi investasinya yang selama ini hanya pada pengembangan konektivitas, dengan berinvestasi di Gojek, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu telah memasuki ekonomi digital.

See also  Cara Mengaktifkan Mode Penghematan Kuota Google Meet di iOS dan Android - KetikKetik

Baca juga:
Investasikan Uang di Gojek, Telkomsel Berpotensi Tumbuh Secara Eksponensial

Jika Telkomsel tidak berinvestasi di Gojek, lanjut Kartika, pertumbuhan pendapatan perseroan relatif terukur, karena pertumbuhan industri telekomunikasi baik domestik maupun internasional cenderung flat.

Menurutnya, saat ini perusahaan yang sedang mengalami pertumbuhan adalah perusahaan ekonomi baru yang bergerak di industri digital.

Apalagi nanti jika rencana penggabungan Gojek dan Tokopedia terwujud. Kemudian valuasi perusahaan teknologi akan meningkat.

Dari perhitungan valuasi Gojek dan Tokopedia yang saat ini dimiliki Kartika, masing-masing perusahaan memiliki valuasi US $ 10 juta. Jika Gojek dan Tokopedia berhasil bergabung dan tercatat di bursa, valuasinya bisa mencapai 40 juta dolar AS.

See also  Telkomsel Bantah Jaringan 5G Produk Mahal - KetikKetik

Artinya Telkomsel sangat beruntung bisa masuk Gojek sebelum IPO. Jika valuasi IPO Gojek dua kali lipat, maka keuntungan yang didapat dari investasi Telkomsel di Gojek menjadi dua kali lipat, kata Kartika.

Baca juga:
Investasi di Sektor Digital Dongkrak Kinerja TelkomGroup

Jika Telkomsel investasi 450 juta dolar AS atau setara Rp6,3 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar AS), maka dalam kalkulasi Kartika, saat IPO Gojek, investasi itu ditanamkan di PT. Karya Anak Bangsa akan tumbuh menjadi Rp 12,6 triliun.



[ad_2] Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *