Ada 977 Pengaduan THR, Disnaker Akan Memeriksa Pengusaha – KetikKetik

[ad_1]

Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) menerima 977 laporan tunjangan hari raya keagamaan (THR). Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyatakan akan mengirimkan pengawas ketenagakerjaan untuk memeriksa pengusaha terkait.

“Nanti Disnakertrans akan diperiksa dan diberikan dua nota pemeriksaan dengan jangka waktu maksimal 30 hari,” kata Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah saat jumpa pers virtual dari kantornya, Jakarta, Rabu (12/5).

Selanjutnya, pemerintah akan memberikan rekomendasi pemberian sanksi kepada pengusaha yang tidak membayar THR sesuai ketentuan. Sanksi dapat berupa peringatan tertulis hingga pembatasan, penangguhan sementara, atau pembekuan aktivitas bisnis.

Ida memastikan pemberian sanksi merupakan langkah terakhir setelah dilakukan pengawasan. Kementerian Ketenagakerjaan juga akan menggelar rapat koordinasi usai Idul Fitri untuk merekomendasikan pengenaan sanksi kepada pengusaha.

See also  Ditemukan Harta Karun Zaman Perunggu Berusia 2.500 Tahun - KetikKetik

Pertemuan tersebut akan mengundang seluruh kepala dinas provinsi / kabupaten / kota dan tim pos THR.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan menerima 2.897 laporan terkait THR selama 20 April – 12 Mei. Ini terdiri dari 692 konsultasi dan 2.205 pengaduan THR.

Setelah dilakukan verifikasi dan validasi dengan melihat aspek kelengkapan data, duplikasi pengaduan, dan pengulangan pengaduan, Kementerian Tenaga Kerja mengkonfirmasi 977 pengaduan.

Topik konsultasi yang dilaporkan masyarakat ke Pos THR 2021 beragam. Beberapa di antaranya adalah pekerja yang mengundurkan diri, menyelesaikan kontrak kerja, di-PHK, dan menghitung THR pekerja yang gajinya disesuaikan saat pandemi, serta tunjangan bagi pekerja berstatus kemitraan seperti taksi dan sepeda motor. on line.

Sedangkan pengaduan seperti THR diangsur oleh perusahaan, dibayar 50%, pembayaran tidak lunas karena ada pemotongan gaji, gaji kurang dari sebulan, dan tidak memberikan tunjangan dengan alasan Covid-19.

See also  Mempertanyakan Komitmen Pemerintah Mengembangkan EBT - KetikKetik

[ad_2] Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *