Review Lenovo Legion Slim 7i – KetikKetik

[ad_1]

Tahun lalu, melalui Legion Y740Si, Lenovo berhasil menghadirkan varian Legion tertipis dan teringan. Nah, mengulangi kesuksesan Legion Y740Si, kini Lenovo telah merilis Legion Slim 7i. Dengan bobot hanya sekitar 1,86 kg, laptop ini berhasil menyabet predikat sebagai laptop gaming 15 inci teringan di dunia dengan Nvidia GeForce RTX. Penasaran seberapa mumpuni Legion Slim 7i? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo Legion Slim 7i

Garis desain Legion Slim 7i masih mirip dengan saudaranya, Legion 7i, yang kami ulas sebelumnya. Laptop ini tetap mewarisi gaya minimalis khas Legiun. Dengan tampilan tersebut, Legion Slim 7i tidak hanya cocok untuk para gamer, tetapi juga cocok untuk dibawa oleh para profesional ke kantor.

Perbedaan paling signifikan antara Legion Slim 7i dan Legion 7i jelas terletak pada dimensinya. Selain bobotnya yang lebih ringan, ketebalan bodinya yang berkisar 17,99 mm juga lebih tipis. Dengan dimensi tersebut, membuatnya sangat mudah untuk dibawa bepergian.

Salah satu nilai tambahnya, Lenovo juga kini menyediakan slot pembaca kartu memori SD yang bisa ditemukan di sisi kiri bodi. Jarang sekali laptop gaming saat ini dilengkapi dengan slot pembaca kartu memori SD. Hadirnya slot pembaca kartu memori SD jelas membuatnya semakin bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreatif.

Sama seperti varian Legion lainnya, terdapat beberapa port di belakang bodi. Di bagian belakang terdapat dua port USB 3.2 Gen2 dan satu port AC untuk catu daya. Di bodi sisi kanan, terdapat dua port USB-C Thunderbolt 3.

Layar Lenovo Legion Slim 7i

Lenovo Legion Slim 7i mengusung panel layar IPS 15,6 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Bingkai layarnya cukup tipis dengan webcam di bagian atas layar. Webcam juga dilengkapi dengan fitur cover untuk melindungi privasi saat tidak digunakan.

Untuk mengakomodir aktivitas gaming, panel layarnya mendukung refresh rate 144 Hz. Warna yang ditampilkan di layar juga cemerlang dan akurat dengan standar warna Adobe sRGB 100% dan dukungan Dolby Vision. Ini optimal untuk bermain game, menikmati konten multimedia hingga mengedit foto dan video.

Keyboard Lenovo Legion Slim 7i

Beralih ke area keyboard Legion Slim 7i menghadirkan Keyboard TrueStrike andalan Legion. Keyboard tersebut juga dilengkapi dengan lighting Corsair iCue RGB yang bisa diatur sesuai selera pengguna. Selain itu, terdapat fitur Anti Ghosting 100% untuk input yang lebih responsif.

See also  Kembali ke jalurnya, China melanjutkan misi penjelajah di sisi jauh bulan - KetikKetik

Sama seperti jajaran legiun lainnya, keyboard ini masih sangat nyaman digunakan untuk mengetik ataupun bermain game. Trackpad yang dibawanya juga berukuran besar dan sangat responsif dengan sapuan jari. Tombol kiri dan kanan trackpad juga sangat nyaman untuk ditekan.

Audio Lenovo Legion Slim 7i

Di sektor audio, laptop ini mengusung konfigurasi speaker 2W x 2 dengan Dolby Atmos untuk fitur gaming. Fitur ini menyediakan berbagai preset audio untuk mengoptimalkan permainan. Bahkan, ada juga preset untuk menikmati konten film atau musik. Performa audionya juga cukup memuaskan. Suara yang dihasilkan cukup bertenaga dan jernih.

Fitur Lenovo Legion Slim 7i

Fitur dari Lenovo Legion Slim 7i masih mirip dengan varian Legion lainnya. Di laptop ini, Lenovo juga masih menyertakan mode kinerja yang bisa diakses dengan menekan tombol pintas FN + Q. Ada tiga pilihan yang bisa dipilih, yaitu Quiet, Balance, dan Performance. Untuk setiap mode, indikator dapat dilihat pada cincin LED di tombol Power, yang berubah warna. Di bagian tombol power, Lenovo juga telah menyematkan fitur sensor sidik jari yang bisa diandalkan sebagai pengaman.

Lenovo Vantage masih tersedia. Melalui Lenovo Vantage gamer dapat memonitor CPU, RAM, GPU hingga membuat rangkaian setting untuk laptop ini dengan lebih cepat dan mudah. Lenovo Vantage juga menyediakan fitur mode hybrid yang, jika aktif, akan memungkinkan laptop untuk secara otomatis beralih ke gpu terintegrasi dan menonaktifkan gpu diskrit Nvidia untuk penggunaan daya yang lebih efisien.

Hadir pula mode konservasi untuk membatasi pengisian baterai hingga persentase tertentu, fitur pengisian cepat untuk mempercepat pengisian baterai dan flip to start yang memungkinkan laptop menyala secara otomatis saat layar laptop dibuka tanpa perlu menekan daya. tombol.

Performa Lenovo Legion Slim 7i


Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i yang kami review hadir dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10, Intel Core i7-10870H. RAM maksimum yang didukung adalah 32GB dengan konfigurasi 16GB onboard dan 16GB dalam satu slot RAM yang tersedia. Jadi, gamer tidak perlu lagi repot mengeluarkan biaya ekstra untuk mengupgrade RAM.

See also  Sindiran Hadiah M2, Akun Mobile Legends RRQ Lemon Diblokir oleh Moonton? - KetikKetik

Untuk ruang penyimpanan, gamer akan dimanjakan dengan ruang penyimpanan SSD NVMe M.2 2280 PCIe 3.0 × 4 berkapasitas 1TB. Jika dirasa kurang, Lenovo masih menyediakan slot kosong untuk menambah SSD. Jadi, meski bodinya sangat ramping, kapasitas ruang penyimpanannya bisa sangat besar. Di sektor grafis, laptop ini mengandalkan GPU Nvidia GeForce RTX 2060 Max-Q 6GB. Hasil benchmark adalah sebagai berikut:

Dari pengujian kami, spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i memang sangat bertenaga dan dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk untuk kebutuhan pembuatan konten seperti mengedit foto, video hingga rendering 3D. GPU RTX 2060 Max-Q juga masih mampu memberikan performa gaming AAA yang memuaskan. Beberapa game yang kami uji, seperti Shadow of Tomb Raider, Metro Exodus, dan Death Stranding, bermain mulus dengan kualitas grafis tertinggi.

Lalu bagaimana dengan sistem pendinginnya? Sistem pendingin Legion Slim 7i masih mengandalkan Legion Coldfront 2.0. Saat bermain game kami mencoba mengaktifkan mode kinerja dan menguji sistem pendingin.

Pada mode ini, kipas pendingin mampu menjaga performa gaming tetap stabil dan optimal. Namun, kami merasakan sensasi hangat yang cukup berlebihan di area keyboard tengah dan atas. Performa kipas pendingin juga relatif bising.

Cukup berbeda dengan varian Legion lain yang pernah kami coba sebelumnya dimana seluruh area keyboard hanya terasa sangat sedikit kehangatan dan kipas pendingin relatif tenang. Tapi, hal ini bisa kita pahami karena bisa jadi dampak dari desain bodinya yang memang lebih tipis. Setidaknya, untuk laptop gaming dengan desain bodi tipis, Legion Coldfront 2.0 masih mampu memberikan manajemen termal yang tergolong baik.

Baterai Lenovo Legion Slim 7i

Untuk menguji masa pakai baterai Legion Slim 7i, kami mengaktifkan mode performa FN + Q Quiet, mode hybrid aktif, kecerahan layar 30%, mode penghemat daya aktif di Windows Power Management dan menonaktifkan fitur Always on USB Charge dan keyboard dengan lampu latar. Penggunaan laptop hanya untuk produktivitas seperti mengetik dokumen dan browsing dengan menghubungkan ke WiFi. Dengan skema ini Legion Slim 7i dapat menemani kita bekerja selama kurang lebih 6 jam. Cukup andal untuk mobilitas.

See also  Cara merekam layar pada laptop Windows 10 tanpa bantuan aplikasi - KetikKetik

Kesimpulan

Dengan performa yang kuat serta desain yang tipis dan ringan, Lenovo Legion Slim 7i adalah jawaban yang tepat untuk para gamer yang sangat mobile. Panel tampilan yang akurat dan ketersediaan slot microSD juga menjadikannya varian Legion paling ideal untuk pembuatan konten. Secara keseluruhan, fitur Lenovo Legion Slim 7i terbilang cukup lengkap di kelasnya. Jadi, kami tidak hanya merekomendasikannya untuk para gamer laptop, kami juga merekomendasikannya untuk para pembuat konten yang membutuhkan laptop gaming yang tipis namun bertenaga.

Lenovo Legion Slim 7i Cocok untuk:

Pemain permainan Mobilitas tinggi: Dengan desain bodinya yang tipis dan ringan, laptop ini sangat mudah dibawa bepergian.
Pembuat Konten: Layar akurat, slot microSD, ruang penyimpanan besar, dan performa bertenaga membuat laptop ini sangat andal untuk konten kreatif. Thunderbolt 3 juga memungkinkan skenario penggunaan dengan monitor tambahan.
Pekerja atau profesional yang masih memainkan permainan: Desainnya yang minimalis dan tidak mencolok sangat ideal untuk digunakan.

Keunggulan Lenovo Legion Slim 7i:
+ Performa yang kuat
+ Desain tipis dan ringan
+ Panel layar yang akurat
+ Kapasitas SSD yang besar
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Manajemen termal bagus untuk laptop tipis
+ Dilengkapi dengan slot microSD

Kelemahan Lenovo Legion Slim 7i:
– Performanya agak berisik
– Tidak ada opsi dengan Intel Core 11th Gen atau Nvidia RTX 3000 Series

Tinjauan Umum Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i:

OS Windows 10
Prosesor Intel Core i7 10870H
RAM

Memori DDR4 hingga 32GB 3200MHz

Grafik NVIDIA GeForce RTX 2060 Max-Q
Penyimpanan SSD PCIe 1TB
Tampilan

IPS FULL HD 15,6 inci, 144Hz, 300nits, 100% sRGB dengan Dolby Vision

Pelabuhan Dua USB-C 3.2
Empat USB-A 3.2
HDMI 2.1
Ethernet
Audio 3,5 mm
Audio Dolby Atmos untuk bermain game
fitur

– Legion Coldfront 2.0 dan TrueStrike Keyboard dengan opsi lampu latar RGB
– Pembaca sidik jari terintegrasi di tombol daya
– Webcam dengan shutter fisik
– Perangkat lunak Lenovo Vantage dan Fn + Q untuk manajemen daya

Kami tidak hanya merekomendasikannya untuk para gamer laptop, kami juga merekomendasikannya untuk para pembuat konten yang membutuhkan laptop gaming yang tipis namun bertenaga.

[ad_2] Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *