Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop 2021

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop
Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop – Cara untuk bisa menghubungkan layar Smartphone ke laptop ini menjadi kebutuhan berbagai pihak untuk melakukan suatu aktivitas.

Misalnya ada dosen yang ingin menampilkan materi yang terdapat di Smartphone melalui perangkat Laptop, agar bisa dibagikan kepada mahasiswanya sambil belajar dari jarak jauh.

Jika layar Smartphone muncul di layar Laptop, dosen tidak akan bisa berbagi layar dengan mahasiswanya dengan sangat mudah.

Kejadian seperti itu akan membuat cara untuk menghubungkan layar Smartphone ke layar Laptop menggunakan kabel ini, yang sangat dibutuhkan di era serba digital ini.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara menyambungkan layar hp ke laptop menggunakan kabel usb berikut ini.

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop Menggunakan Kabel USB

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop
Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop Menggunakan Kabel USB

Cara untuk bisa menampilkan atau memunculkan layar Smartphone ke layar Laptop menggunakan kabel USB ini bisa dilakukan melalui bantuan salah satu aplikasi Scrcpy di Laptop.

Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Scrcpy ini secara gratis melalui GitHub atau melalui berikut ini:: Srcpy.

Setelah itu anda harus install aplikasi Scrcpy di Laptop tujuan, nah berikut ini cara menyambungkan layar HP ke laptop menggunakan kabel data USB melalui bantuan aplikasi Scrcpy :

  • Pertama-tama Anda harus terlebih dahulu melalui pengaturan pada perangkat Laptop tujuan, Anda dapat mengunduhnya melalui GitHub.
  • Setelah itu anda harus melakukan proses instalasi atau instalasi dengan cara mengekstraknya, maka aplikasi anti Scrcpy akan langsung terinstall di Laptop.
  • Langkah selanjutnya adalah anda mengatur koneksi pada Smartphone, langkah ini harus anda lakukan dengan mengaktifkan USB Debugging Mode.
  • Anda dapat mengaktifkan Mode USB Debugging ini dengan membuka menu “Pengaturan” atau “Pengaturan” di Smartphone.
  • Selanjutnya, masuk ke ‘About Device’ atau ‘About Phone’, lalu klik opsi ‘Build Number’ sebanyak tujuh kali.
  • Kemudian Anda diharuskan membuka menu ‘Developer Options’ di “Settings” atau “Settings”, lalu aktifkan ‘USB Debugging’.
  • Jika pengaturan di Laptop dan Smartphone tujuan sudah selesai, Anda bisa mulai menghubungkannya menggunakan kabel USB.
  • Kemudian, kamu buka aplikasi Scrcpy dengan cara double klik pada opsi ‘scrcpy.exe’ di Laptop untuk mulai menjalankan aplikasi Scrcpy.
  • Setelah itu lihat kembali Smartphone yang akan digunakan, apakah ada permintaan konfirmasi yang berbunyi ‘Allow USB debugging?’ pada Smartphone, maka anda perlu memberikan persetujuan untuk mengkonfirmasi hal ini untuk dapat menghubungkan layar Smartphone ke layar Laptop.
  • Setelah anda melakukan cara menyambungkan layar Smartphone ke layar Laptop tanpa lag diatas, maka akan muncul layar Smartphone di layar Laptop.
  • Anda sudah bisa mulai menggunakan mouse untuk menjalankan perintah di Smartphone.
  • Langkah terakhir, jika sudah selesai dan ingin segera mengakhiri penyambungan layar Smartphone ke layar Laptop, maka anda tinggal mencabut kabel USB saja.
  • Selesai.

Akhir kata

Anda hanya perlu menghubungkan Smartphone dan Laptop menggunakan kabel USB jika akan menampilkan layar Smartphone ke layar Laptop kembali.

Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan atau reset pada langkah pertama hingga langkah terakhir.

Cara diatas bisa anda lakukan kembali, selama Smartphone dan Laptop yang digunakan adalah perangkat yang sama dan setelah itu anda sudah menggunakannya.

Itu saja pembahasan kita pada artikel kali ini tentang cara menyambungkan layar hp ke laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Dodi S.

Seseorang yang suka belajar dan berbagi segala sesuatu tentang teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *