21.4 C
Indonesia
Tuesday, December 6, 2022
spot_img

Baru 3 Tahun Berjalan, Google Tutup Layanan Streaming Game Stadia Mulai Januari 2023


TEMPO.CO, Jakarta Setelah hampir tiga tahun beroperasi, layanan streaming permainan milik Google, game cloud Stadia ini akan dimatikan pada 18 Januari 2023.

Dilaporkan dari gamerant.com, alasan utama penutupan layanan ini adalah karena kurangnya popularitas dan daya tarik pengguna atau pemain permainan. Bahkan dalam pendekatan desainnya, Google Stadia dibangun di atas fondasi teknologi yang kokoh dan terencana untuk konsumen.

Banyak pemain yang masih bermain di Stadia harus menderita kerugian. Salah satunya adalah kehilangan akses ke file permainan mereka. Namun, Stadia tidak akan tinggal diam, mereka akan mengembalikan uang para pemain yang menggunakan layanan ini. Terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak.

Seperti disebutkan sebelumnya, nama layanan streaming permainan ini masih belum banyak didengar oleh masyarakat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan yang akan ditutup dalam waktu dekat, berikut penjelasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Apa itu Stadia?

Pada November 2019, Stadia diluncurkan dengan memungkinkan pemain melakukan streaming game online tanpa memiliki konsol. Disebutkan dalam waktu.com, Layanan ini memungkinkan pemain permainan untuk bermain di perangkat seperti smartphone dan aplikasi chromecast untuk TV.

Kemudian dikutip dari stadia.google.com, pengguna juga dapat memainkannya tanpa terhubung ke internet. Tidak hanya itu, pengguna diberikan kemudahan karena bermain di layanan ini tidak memerlukan instalasi, pengunduhan, atau pembaruan.

Satu-satunya cara adalah menyalurkan data game langsung dari cluster server Google ke perangkat yang kompatibel. Misalnya, jika Anda ingin memutarnya di televisi, Anda dapat mengambil Stadia Premiere Edition sehingga Anda dapat memainkannya menggunakan Stadia Controller dan Google Chromecast Ultra. Atau Anda juga dapat menggunakan papan ketik atau mouse.

Selain itu, Google juga mengkonfirmasi bahwa layanan tersebut streaming permainan ia dapat menawarkan fitur unik seperti resolusi 4K, warna HDR, dan suara audio mengelilingi 5.1, akan dinonaktifkan.

Stadia menawarkan paket Stadia Pro selama sebulan penuh. Harga yang ditawarkan adalah 10 dolar AS per bulan. Pengguna dapat membatalkan kapan saja atau mungkin dapat membayar tagihan kapan saja. Langganan akan diperpanjang secara otomatis dari Google Stadia.

FATHUR RACHMAN

Baca: Google Tutup Stadia Januari 2023, Ada Refund dan Game Developer Shock

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda perlu menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,597FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles