21.4 C
Indonesia
Tuesday, December 6, 2022
spot_img

Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Online 2022


Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online

Cara cek data pemilik kendaraan online hanya dengan plat nomor sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun hanya saja belum banyak orang yang mengetahui cara yang satu ini.

Apa tujuan mengetahui nama pemilik kendaraan melalui kendaraan atau plat nomor mobil? Tujuannya mungkin berbeda-beda, misalnya untuk mengetahui pemilik pertama.

Atau yang sudah tertera berdasarkan plat nomor kendaraan dalam proses jual beli mobil bekas, tidak hanya itu, mungkin ada yang perlu mencarinya.

Karena bermasalah dengan pemilik kendaraan, misalnya pemilik kendaraan melakukan tindakan merugikan seperti tabrak lari.

Jika mengingat plat nomor kendaraan, maka kendaraan tersebut dapat dicari alamat rumahnya karena plat nomor pada kendaraan tersebut sebenarnya adalah tanda STNK seperti KTP.

Serangkaian kombinasi angka dan huruf plat nomor memiliki arti daerah STNK, itulah yang membuat orang mencarinya cara cek data pemilik kendaraan online dan lihat berikut ini.

1. Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Menggunakan Aplikasi

Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online
Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Menggunakan Aplikasi

Untuk cek data pemilik kendaraan online pertama ini bisa menggunakan aplikasi, sehingga bisa mengetahui nama pemilik kendaraan melalui plat nomor.

Pasalnya pihak Samsat dan pemerintah terkait sudah memiliki beberapa aplikasi yang bisa digunakan, namun sangat disayangkan tidak semua daerah di Indonesia memiliki aplikasi tersebut.

Lakukan pencarian plat nomor kendaraan ini, biasanya hanya daerah-daerah tertentu dengan jumlah penduduk yang besar saja yang sudah memilikinya.

Polri sudah menyiapkan aplikasi yang bisa Anda gunakan di beberapa daerah di Indonesia, untuk lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Adapun daftar aplikasi pencarian plat nomor kendaraan yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :

  • Aceh: Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • DKI Jakarta: Cek Ranmor dan Pajak DKI Jakarta
  • Jawa Barat : Sambara
  • Jawa Tengah : Sakpole e-Samsat Jawa Tengah
  • Jawa Timur : e-Smart Samsat Jawa Timur
  • Lampung: Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Kalimantan Tengah : Polda Kalimantan Tengah RC
  • Kalimantan Utara : s-Samsat Kalimantan Utara
  • Nusa Tenggara Barat : Samsat Delivery
  • Pontianak: Samsat Pontianak
  • Riau : eSamsat Kepulauan Riau
  • Sulawesi Utara: Info Pajak Kendaraan Sulawesi Utara
  • Sulawesi Selatan : e-Dempo Samsat Online Sulsel
  • DI Yogyakarta : Pajak Kendaraan Yogyakarta

Aplikasi diatas dapat digunakan untuk mencari informasi tentang nama pemilik kendaraan, tempat tinggal berdasarkan plat nomor.

Karena daftar aplikasi di atas juga dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store, namun sebelum menggunakan aplikasi Anda juga harus ingat untuk menyesuaikan aplikasi regional.

Dengan kode plat nomor polisi, misalnya, plat nomor yang menggunakan kode registrasi wilayah Jakarta hanya bisa digunakan untuk kendaraan dengan plat nomor awalan “B”.

Sedangkan aplikasi untuk wilayah Jawa Barat tidak dapat digunakan untuk mencari informasi kendaraan berplat nomor di luar Jawa Barat.

Maka Anda akan membutuhkan kejelian dan pengetahuan tentang plat nomor dari berbagai daerah di Indonesia.

2. Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Menggunakan SMS

Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online
Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Menggunakan SMS

Tidak hanya itu, cara pengecekan data pemilik kendaraan secara online selanjutnya adalah melalui SMS, meski terdengar kuno namun nyatanya masih bisa digunakan.

Namun, sangat disayangkan bentuk pencarian dengan menggunakan SMS ini belum banyak tersedia, karena hanya beberapa daerah yang menyediakan layanan pencarian plat nomor melalui SMS.

Daerah-daerah tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, dari keempat daerah tersebut tampaknya masih mempertahankan cara lama dalam mencari nama pemilik kendaraan.

Meski terlihat jadul, cara ini cukup efektif, lalu bagaimana cara menggunakan cara SMS?

Cara menggunakan SMS adalah sebagai berikut:

  • DKI Jakarta: Caranya dengan mengetik METRO (spasi) untuk plat nomor yang Anda cari, misalnya METRO B1234OKE lalu kirim SMS ke 1717.
  • Jawa Barat: Caranya dengan mengetik poldajbr (spasi) plat nomor yang dicari, misal poldajbr D8910BNR lalu kirim SMS ke 3977.
  • Jawa Tengah: Caranya dengan mengetik JATENG (spasi) plat nomor yang dicari, misal JATENG H4567WOW lalu kirim SMS ke 9600.
  • Jawa Timur: Caranya dengan mengetik JATIM (spasi) plat nomor yang dicari, misal JATIM L7899TBK lalu kirim SMS ke 7070.

Untuk cara menggunakan SMS seperti di atas hanya bisa digunakan di empat wilayah saja, biasanya format ini menurut kami sangat mudah dilakukan tanpa perlu mendownload aplikasi apapun.

Tidak hanya itu, cara di atas bisa digunakan di semua jenis ponsel hanya dengan mengandalkan pulsa yang Anda miliki.

3. Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Dengan Mengakses Website Samsat

Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online
Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online Dengan Mengakses Website Samsat

Selain itu ada cara cek data pemilik kendaraan secara online dengan mengakses website dari samsat, jika menggunakan situs tersebut dapat mengetahui plat nomor kendaraan.

Meski tidak banyak, namun saat ini sudah ada beberapa website yang bisa digunakan untuk mencari lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Ada beberapa website Samsat yaitu sebagai berikut:

Di halaman tersebut, Anda bisa mengatur pencarian berbagai Samsat di Indonesia, bahkan Anda tidak perlu repot mencari nama pemilik kendaraan yang Anda temui.

Tinggal tulis dan hafal plat nomor kendaraannya, lalu cari lewat website yang tertera di atas, gampang banget kan?

4. Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online dengan Mengunjungi Samsat

Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online
Cara Cek Data Pemilik Kendaraan Secara Online dengan Mengunjungi Samsat

Cara cek data pemilik kendaraan secara online, selanjutnya bisa ke samsat, namun harus diketahui cara ini cukup sulit dilakukan.

Biasanya Polisi akan meminta KTP, STNK dan BPKB dari kendaraan pelapor, hal ini agar data pelapor dapat diketahui oleh Polisi.

Jika Anda meminta untuk melakukan penggeledahan, biasanya ada biaya yang akan dikenakan kepada pelapor karena melakukan hal seperti ini.

Apalagi biayanya bervariasi tergantung Samsat yang Anda kunjungi, namun dalam keadaan darurat biasanya cukup jarang orang datang langsung ke kantor Samsat.

Pada umumnya cara ini digunakan untuk masyarakat yang ingin bertransaksi kendaraan, namun jika berkunjung ke Samsat, pembeli kendaraan dapat memperoleh informasi detail dan legalitas kendaraan.

Kami menyarankan jika ingin ke Samsat sebagai pilihan terakhir, sebaiknya gunakan tiga cara sebelumnya untuk mengetahui nama pemilik kendaraan dari plat nomor.

Akhir kata

Itulah keseluruhan isi artikel kita kali ini tentang cara cek data pemilik kendaraan online yang telah kami sampaikan untuk Anda gunakan.

Namun, sebaiknya gunakan ketiga cara di atas, karena jika menggunakan cara terakhir, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, cukup bagikan tautan artikel ini ke media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,597FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles