Tips Membuat Konten Podcast yang Bermanfaat Menggunakan Samsung Galaxy A12 – KetikKetik

Samsung Galaxy A12. (Samsung)

Ketikketik – Saat ini konten podcast semakin diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan pencipta semakin beragam. Menurut penelitian Edison Research dan Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh kaum muda yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya yang berusia 20-24 tahun. Selain itu, berdasarkan survei JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden telah mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir. Dengan tingginya minat produksi konten podcast, banyak orang yang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer.


Bersamaan dengan hal tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan smartphone Galaxy A12 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128GB, serta baterai berkapasitas besar 5.000 mAh sebagai perangkat yang mendukung pengguna dalam berkreasi konten di media sosial, salah satunya yang merupakan podcast. Melalui program Keeping the Spirit of Indonesia, SEIN juga berkomitmen untuk terus mendukung passion para pengguna Galaxy A, khususnya di bidang kreasi konten.


“Yang dibutuhkan konsumen selalu ada di benak kami dalam setiap terobosan yang dihadirkan Samsung. Sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat dalam menikmati konten podcast, Samsung mendorong siapa saja yang memiliki minat terhadap pembuatan konten untuk mengambil bagian agar konten menjadi lebih bermanfaat. Melalui kampanye Keeping the Spirit of Indonesia yang didukung oleh Samsung Galaxy A12 yang fitur-fiturnya sangat mampu membuat podcast dengan mudah dan terjangkau, kami berharap generasi muda dapat tetap semangat berkreasi di masa-masa yang penuh tantangan ini, pantang menyerah untuk terus berlanjut. untuk menginspirasi selama pandemi, “ kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

READ  10 game mobile terlaris April 2021, baik di Android maupun iOS - KetikKetik


Wisnu Kumoro, Tech Reviewer dengan 326 ribu subscriber di akun YouTube-nya memberikan tips bagaimana kita bisa membuat konten podcast di rumah hanya dengan menggunakan Samsung Galaxy A12.


Wisno Kumoro memberikan tips cara membuat podcast.  (Samsung)
Wisnu Kumoro memberikan tips cara membuat podcast. (Samsung)


“Dengan harga dua jutaan, Samsung Galaxy A12 benar-benar cukup untuk dijadikan studio podcast portable kamu, karena baterai, storage dan memori menurut saya sudah cukup untuk membuat konten podcast di mana saja. Smartphone ini menggunakan prosesor Mediatek Helio P35 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128GB, jadi Anda tidak perlu takut memori penuh saat membuat konten. Baterai besar 5.000 mAh juga mendukung perekaman konten podcast panjang.Aplikasi perekam suara built-in juga tersedia. dengan kualitas yang tidak kalah bagus dari aplikasi premium lainnya, “ kata Wisnu Kumoro.

READ  Syok Nemun bungkusan aneh saat memasak di rumah teman, ternyata ini isinya - KetikKetik


Selain memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Samsung Galaxy A12, yuk simak tips Wisnu Kumoro agar konten podcast yang kamu buat bisa lebih maksimal!


Sesuaikan jarak antara mikrofon dan sumber suara
Konten podcast adalah tentang kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara mikrofon dan mulut atau sumber suara. Identifikasi juga posisi yang menghasilkan suara terbaik dalam hal volume dan daya tangkap. Posisi ideal mikrofon adalah yang tidak horizontal ke mulut, tetapi sedikit di bawah mulut. Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh angin atau suara lain yang tidak nyaman untuk didengar. Menurut Wisnu Kumoro, jarak ideal mikrofon dan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara Anda tidak terdistorsi jika jaraknya terlalu dekat.


Matikan notifikasi saat merekam
Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya matikan dulu notifikasi di smartphone kamu agar tidak terganggu. Lebih baik lagi jika Anda mengaktifkan mode pesawat. Selain tidak terganggu notifikasi, kamu juga bisa lebih hemat baterai. Setelah merekam, Anda dapat menyimpan file rekaman Anda dengan memanfaatkan fitur KNOX Security yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12. Samsung Galaxy A12 menarik karena masuk dalam jajaran perangkat baru yang mengusung antarmuka pengguna atau sistem operasi One UI Core yang dimodifikasi. KNOX Security berfungsi untuk menjaga data penting Anda dan mengamankan perangkat Anda dari serangan cyber dan virus yang berpotensi merugikan pengguna.

READ  Sampai Hari Ini WhatsApp Membuat Anda Tersiksa Jika Anda Belum Menerima Kebijakan Baru - KetikKetik


Perhatikan kenyamanan dalam mendengarkan konten Anda


Ketika Anda telah selesai merekam konten Anda, Anda harus memposisikan diri Anda sebagai pendengar konten Anda. Dengarkan konten Anda dari awal hingga akhir. Apakah Anda cukup nyaman mendengarkannya? Atau apakah masih ada suara yang mengganggu? Sekarang, jika Anda merasa cukup nyaman untuk mendengarkan, Anda dapat melanjutkan ke proses pengeditan! Menurut Wisnu Kumoro, ada beberapa aplikasi editing yang cukup bagus untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat mengedit dengan lebih leluasa, seperti memangkas dan menambahkan efek tertentu. Samsung A12 juga dibekali dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.


Samsung Galaxy A12 dengan memori RAM 4 / 128GB bisa dipesan dengan harga Rp 2.499.000, dan RAM 6 / 128GB dengan harga Rp 2.799.000.





Source ketiksuara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *