Kolaborasi Gojek dan Tokopedia Diyakini Bakal Permudah UMKM Go Digital

[ad_1]

KetikKetik – Kolaborasi bisnis yang dilakukan dua startup raksasa karya anak bangsa, Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan Grup GoTo diharapkan akan mempermudah pengadopsian teknologi digital oleh UMKM.

Kombinasi bisnis GoTo juga diyakini akan mempercepat UMKM di Indonesia untuk segera naik kelas.

Cofounder UKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti mengatakan kehadiran GoTo harus bisa menyederhanakan proses pengadopsian teknologi bagi UMKM. Apalagi kolaborasi dua startup ini akan membentuk super ekosistem bisnis digital yang menaungi jutaan UMKM.

Menurut Dewi integrasi kedua raksasa ini memungkinkan pelaku usaha kecil untuk lebih mudah memahami transaksi secara digital. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tersedia dalam satu ekosistem tentunya teknologi GoTo akan semakin inklusif.

See also  Kadin tanggapi masalah perikanan budidaya, PPN sembako, dan ekspor perikanan

Baca Juga:
Kominfo: Merger Gojek – Tokopedia Tonggak Besar Ekonomi Digital Indonesia

“Semoga ke depan akan lebih banyak UMKM produsen yang bisa menjadi seller di marketplace GoTo yang punya eksposur besar dan bukan hanya pedagang saja. Itu yang paling utama,” kata Dewi ditulis Selasa (18/5/2021).

Selain itu, Dewi melanjutkan, manfaat lain dari kolaborasi teknologi dari kedua perusahaan raksasa itu adalah dapat menghadirkan efisiensi dalam hal edukasi pasar sehingga para merchant/seller bisa meningkatkan skalabilitas usahanya.

Itu sebabnya, kata Dewi, GoTo perlu mengalokasikan sumber daya yang besar untuk pemberdayaan merchant/seller yang aktif dan memberikan pendampingan yang dibutuhkan untuk mereka agar bisa naik kelas. Misalnya dari sebelumya level mikro menjadi usaha kecil dan seterusnya.

See also  BI akan meluncurkan empat kebijakan baru untuk mendorong kredit UMKM - KetikKetik

“Bersatunya dua raksasa besar yang merupakan perusahaan yang memiliki DNA untuk pemberdayaan UMKM ini mestinya bisa membantu keduanya untuk mengkonsolidasikan beberapa sumber dayanya sehingga menciptakan efisiensi dalam hal market education. Hal ini karena layanan teknologi digital sangat memerlukan edukasi pasar yang bukan hanya masif, tapi juga mendalam,” tandas dia.

Dewi mengatakan, faktor penting lainnya dari kombinasi bisnis dalam GoTo adalah dalam hal logistik. Contohnya seperti layanan pengiriman same day atau instant di Tokopedia yang diharapkan bisa menjadi opsi pilihan.

Baca Juga:
Merger Gojek-Tokopedia ke GoTo Diyakini untuk Saingi Shopee

Gojek, platform layanan on-demand dan pembayaran serta finansial terkemuka di Asia Tenggara, dan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, hari ini secara resmi mengumumkan pengkombinasian lini bisnis masing-masing dengan membentuk grup GoTo.

See also  Pendapatan Manajemen Rumah Sakit Meningkat, Reksa Dana Ini Memiliki Sahamnya - KetikKetik



[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *