Cara Meningkatkan Kualitas Audio Speaker Hp

cara meningkatkan kualitas audio hpFoto: Pexels

Smartphone saat ini memiliki beragam fungsi dan bukan hanya sebagai perangkat komunikasi saja. Smartphone dan tablet bahkan sudah menjadi sarana hiburan untuk bermain game, menonton film, hingga mendengarkan musik.

Sayangnya, tidak semua smartphone dibekali kualitas speaker yang cukup baik. Tidak jarang pula pada pengaturan volume maksimal, suara pada speaker jadi pecah dan tidak terdengar bagus.

Terdapat beberapa faktor yang membuat suara pada speaker hp menjadi tidak enak untuk dinikmati, salah satunya adalah penempatan speaker.

Untungnya, saat ini sudah ada produsen smartphone yang memperhatikan kualitas audio dan menempatkan speaker di posisi yang cukup baik untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus dan jernih. 

Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kualitas audio speaker yang kurang baik, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas audio pada speaker hp.

1. Ketahui Letak Speaker Hp

cara meningkatkan kualitas suara hpFoto: Pexels

Mungkin ini terdengar aneh, namun sebenarnya merupakan faktor yang cukup penting. Anda harus mengetahui terlebih dahulu posisi speaker pada smartphone yang dimiliki.

Kebanyakan smartphone hadir dengan semacam lubang pada bagian bodi belakang. Beberapa lainnya hadir dengan microscopic speaker grills yang tersembunyi. Jadi pastikan terlebih dahulu sumber suara berasal.

Jika sudah mengetahui dimana posisi speaker hp, maka Anda bisa memposisikan hp sedemian rupa ketika digunakan untuk menonton atau mendengarkan musik, sehingga speaker tidak terhalang dan suara yang keluar menjadi lebih keras dan jelas.

2. Jangan Gunakan Softcase

cara meningkatkan kualitas speaker hpFoto: Pexels

Softcase dapat membuat tampilan smartphone Anda jadi jauh lebih menarik dan beda dari yang lain. Namun ternayata softcase dapat mempengaruhi kualitas audio yang dikeluarkan oleh spekaer hp.

Jika smartphone Anda menggunakan softcase atau cover pelindung, sebaiknya lepaskan bila ingin hasil suara lebih maksimal. Perlu diketahui bahwa softcase basanya terbuat dari karet atau silikon.

Bahan tersebut tidak dapat memantulkan suara dengan baik, dan justru malah berfungsi sebagai peredam suara. Karena itu lah, audio yang dihasilkan oleh hp jadi tidak optimal. Sebaiknya gunakan cover berbahan plastik keras yang dapat memantulkan suara lebih baik.

3. Gunakan Aplikasi Equalizer

cara meningkatkan kualitas suara hpFoto: Google Play Store

Beberapa smartphone saat ini sudah dibekali dengan default audio controls, bahkan sudah ada smartphone dengan Equalizer atau EQ  bawaan. Sayangnya, fitur-fiturnya masih standar.

Equalizer berfungsi untuk mengatur suara yang dihasilkan dan dapat dilakukan secara manual untuk menambah atau mengurangi tremble, bass, dan lainnya.

Aplikasi equalizer pihak ketiga yang bisa di unduh di Google Play Store atau App Store biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dari equalizer bawaan hp. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas suara di hp.

4. Gunakan Aplikasi Musik Pihak Ketiga

cara meningkatkan kualitas audio hpFoto: Google Play Store

Selain aplikasi equalizer, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pemutar musik pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store atau App Store, untuk meningkatkan kualitas audio di speaker hp.

Terkadang Anda memang membutuhkan aplikasi pemutar musik pihak ketika ini, karena aplikasi bawaan smartphone memiliki hasil suara yang kurang memuaskan.

5. Gunakan Earphone atau Headphone

cara meningkatkan audio speaker hpFoto: Pixabay

Cara terakhir ini bisa Anda coba bila seluruh cara di atas masih belum berhasil meningkatkan kualitas suara pada speaker hp Anda, yaitu dengan menggunakan earphone atau headphone.

Terkadang speaker bawaan smartphone memang tidak bisa menghasilkan kualitas suara yang bersih dan jernih. Jadi tidak ada salahnya Anda mengunakan headphone atau earphone.

Nah, semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya. Selamat mencoba!




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *