Cara Mempercepat Performa Windows 10 di PC Lama

Cara meningkatkan kinerja windows 10Foto: Pexels

Seperti diketahui, komputer desktop terus berkembang untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan saat menggunakannya. Begitu juga dengan software, termasuk sistem operasi, bagian ini juga sedang dikembangkan untuk mengimbangi peningkatan performa mesin.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop lama yang telah diupgrade sistem operasinya ke Windows 10, tentu Anda akan merasakan sedikit penurunan performa pada perangkat tersebut.

Ini normal, karena sistem operasinya lebih baru dari sebelumnya, dan dilengkapi dengan fitur dan teknologi yang ditingkatkan, sehingga akan menghabiskan lebih banyak memori dan daya.

Namun, kinerja Windows 10 masih dapat ditingkatkan pada PC dan laptop lama. Berikut cara mempercepat kinerja Windows 10 di PC dan laptop lama.

1. Batasi startup

Cara meningkatkan kinerja windows 10

Ada banyak program yang aktif saat Anda pertama kali mem-boot PC dengan Windows 10. Namun, Anda tidak memerlukan semua program ini. Hal ini dapat memperlambat kinerja komputer Anda.

Untungnya, Windows 10 dilengkapi dengan fungsi untuk mengatur batas proses startup, sehingga Anda dapat mengurangi jumlah program yang diluncurkan saat startup. Waktu yang dibutuhkan untuk boot lebih cepat.

Untuk membatasi program, Anda dapat masuk ke task manager dengan menekan ctrl + shift + esc secara bersamaan. Nanti Anda akan menemukan banyak program yang dimulai saat Windows dijalankan. Pilih program yang tidak Anda perlukan dan nonaktifkan.

2. Hapus memori

Cara meningkatkan kinerja Windows 10

Disk Cleanup sudah ada di menu Startup Windows sejak Microsoft pertama kali membuat sistem operasi ini. Daftar ini sangat berguna untuk meningkatkan kinerja komputer.

Program ini akan menghapus semua file sampah, halaman web offline, dan file instalasi yang tidak perlu. Untuk itu, selalu bersihkan komputer atau laptop Anda secara rutin dengan alat disk cleanup.

3. Tambahkan RAM

Cara meningkatkan kinerja windows 10Foto: Pexels

Windows 10 sebenarnya tidak membutuhkan banyak memori. Namun, jika Anda ingin meningkatkan kinerja, menambahkan RAM bisa menjadi cara tercepat untuk mempercepat kinerja.

RAM yang besar akan membantu kinerja prosesor, sehingga kinerja secara keseluruhan lebih cepat dan PC atau laptop Anda tidak lemot. Berbagai aktivitas multitasking bisa Anda lakukan dengan lancar.

4. Aktifkan antivirus

Cara meningkatkan kinerja windows 10Foto: Pixabay

Memiliki software antivirus di PC dan laptop sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi laptop Anda, agar tidak diserang virus berbahaya yang dapat memperlambat kinerjanya.

Anda harus selalu mengaktifkan antivirus seperti Windows defender atau antivirus lainnya. Dalam kasus terburuk, virus atau malware akan menurunkan kinerja sistem dan perangkat keras.

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan Real Protection Time agar PC dan laptop Anda selalu terlindungi.

5. Ubah mode pengaturan daya

Cara mempercepat kinerja Windows 10

Cara ampuh selanjutnya untuk meningkatkan performa Windows 10 tentu saja mengubah mode power setting ke mode performa maksimal.

Dengan mentransfernya ke mode ini, semua sistem akan bekerja dengan kinerja tinggi. Sayangnya, mode ini akan menghabiskan baterai, jadi saat menggunakan laptop, jangan lupa untuk selalu memeriksa daya baterai dan menyiapkan kabel pengisi daya.

6. Matikan pengindeksan pencarian

Cara mempercepat kinerja Windows 10

Jika komputer atau laptop Anda adalah perangkat berdaya rendah, Anda dapat mematikan fitur pengindeksan pencarian. Pasalnya, fitur ini dapat menghabiskan memori dalam jumlah besar yang akan memperlambat kinerja PC atau laptop Anda.

Untuk mematikan fitur pengindeksan pencarian. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke Control Panel, lalu mematikannya.

Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda akan dapat membantu mempercepat kinerja Windows 10 di PC atau laptop lama Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *