Daftar Segera ! Begini Cara Dapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis 15GB Dari Kemendikbud

Daftar Segera ! Begini Cara Dapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis 15GB Dari Kemendikbud

Bantuan kuota data internet gratis untuk siswa dan guru akan dilanjutkan pada tahun 2021. Mengingat banyaknya masyarakat yang menyambut positif bantuan kuota gratis ini, rencana tersebut akan terus berlanjut. Saat kanal YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diluncurkan pada Senin (1/3), meski terkadang sulit menemukan sinyal, banyak siswa dan orang tua siswa serta guru yang merasa bahwa kuota tersebut terbantu.

“Walaupun kadang-kadang sulit mencari posisi sinyal yang baik, karena (bantuan kuota internet) itu mereka bisa dari sisi ekonomi orang tuanya tidak menjadi beban ekonomi,” ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.
Kemdikbud kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis pada 2021 bagi pelajar dan pengajar di semua jenjang pendidikan. Program bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud dilanjutkan kembali pada Maret 2021 hingga tiga bulan ke depan.

READ  Ini Daftar Bansos yang Mau Cair, Cek Cara Dapatnya !

Rencana pengalokasian atau pendistribusian kuota internet gratis ini adalah antara tanggal 11 dan tanggal 15 setiap bulannya. Program bantuan kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Karena salah satu kebutuhan kegiatan belajar mengajar secara online adalah kuota internet.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan bahwa bagi penerima yang sebelumnya mendapat bantuan kuota internet gratis tapi tidak digunakan dipastikan tidak akan mendapat bantuan lagi.
“Kecuali bagi kemarin yang diberikan tapi penggunaannya di bawah 1 GB, artinya tidak digunakan data dengan berbagai alasan. Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan Kuota tersebut,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim, Senin 1 Maret 2021. Detail bantuan kuota internet gratis Kemdikbud tahun 2021 ini berbeda-beda yaitu jenis kuota yang dialokasikan hanya kuota umum, dan tidak ada kuota pembelajaran.

Namun, untuk memastikan penggunaan kuota internet gratis yang benar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan tetap membatasi penggunaan kuota, seperti membatasi akses ke situs yang diblokir oleh Kominfo dan membatasi penggunaan kuota. Di media sosial. Tak hanya itu, jumlah kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021 juga berbeda dengan tahun sebelumnya.
Berikut rincian bantuan kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021:

READ  Berikut Syarat Dan Cara Mencairkan BLT Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Pendidikan Anak usia Paud sebesar 7GB
Pendidikan Dasar Menengah sebesar 10GB
Mahasiswa dan Dosen sebesar 15GB
Paket kuota data untuk pendidik sebesar 12GB
Setiap besaran kuota internet gratis yang diterimakan pada setiap jenjang pendidikan telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing oleh Kemdikbud. Dalam rincian tersebut, mahasiswa dan dosen akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar 15 GB.

Bagi pengguna Smartfren, khususnya mahasiswa, berikut ini adalah cara cek kuota internet gratis Kemdikbud 2021 15 GB:

Cara 1 : Ketik ‘Cek’ di SMS. Kirim ke 995. Tunggu beberapa menit, laporan kuota akan dikirim melalui SMS.
Cara 2 : Melakukan panggilan ke *995#. Tunggu beberapa menit, laporan kuota akan dikirim melalui SMS.
Cara 3 : Download aplikasi MySmartfren. Masukkan nomor telepon dan lakukan verifikasi. Otomatis, kuota internet gratis akan muncul.

Bantuan kuota internet gratis ini merupakan komitmen Kemdikbud dalam membantu pembelajaran pelajar dan mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Untuk mempermudah penyaluran bantuan kuota internet gratis, Kemdikbud juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan provider termasuk Smartfren. Semoga program dari Kemdikbud terus berlanjut dan dibagian secara merata. Agar seluruh masyarakat dari berbagai elemen bisa merasakan manfaatnya.

READ  Berikut Syarat Dan Cara Mencairkan BLT Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *